Pantai di Jogja Dekat Malioboro – Wisata Jogja

Berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap tanpa menjelajahi tempat wisata pantai yang populer. Sebagian besar pantai Yogyakarta terletak di kabupaten Gunung Kidul tak jauh dari pusat kota jogja. dibawah ini terdapat Beberapa Pantai di Jogja Dekat Malioboro sehingga aksesnya mudah untuk di jangkau.

Malioboro merupakan objek wisata yang dianggap sebagai pusatnya kota Yogyakarta. Tak heran jika banyak wisatawan mencari tempat makan, hotel, bahkan pantai jogja yang dekat dengan kawasan Malioboro, sehingga nantinya banyak objek wisata yang bisa di kunjungi dengan mudah. Mungkin ada banyak tempat wisata di sekitar tetapi tidak banyak orang yang tahu tentang pantai dekat malioboro.

Pantai di Jogja Dekat Malioboro

Jika Anda ingin mengunjungi lebih banyak pantai di dekat Malioboro. ada beberapa lokasi pantai yang bisa anda kunjungi dibawah ini yang termasuk dalam tempat wisata di jogja dekat malioboro:

1. Pantai Parangtritis

Image Name

Terletak 27 km di selatan Jogja Pantai Parangtritis mudah diakses dengan transportasi umum. Estimasi waktu tempuh kurang lebih 52 menit. Pantai ini merupakan salah satu pantai wisata jogja terhits. saat matahari terbenam adalah waktu terbaik untuk mengunjungi pantai paling terkenal di Jogja ini.

Namun jika Anda datang lebih awal maka tidak ada salahnya untuk pergi ke Tebing Gembirawati yang terletak di belakang pantai ini. Dari tebing ini Anda bisa melihat pantai Parangtrirtis, Pemandangan laut selatan dan sampai menghabiskan pandangan ke batas cakrawala. Selain sunset yang romantis juga ada pemandangan unik yang hanya bisa dilihat di sini.

Banyak fasilitas yang bisa anda nikmati di pantai parangtritis ini. Terdapat pula ATV (All Terrain Vehicle) yang tersedia untuk disewa dengan seharga Rp. 50.000 – 100.000 per 30 menit. Dengan mengendarai ATV yang memiliki roda 4 ini anda bisa menjelajahi dan melewati bukit pasir pantai parangtritis.

Pantai Parangtritis tidak kekurangan sarana untuk having fun. Di pinggir pantai ada persewaan ATV (All-terrain Vehicle), tarifnya sekitar Rp. 50.000 – 100.000 per setengah jam. Masukkan persneling-nya lalu lepas kopling sambil menarik gas. Brrrrooom, motor segala medan beroda 4 ini akan melesat membawa Anda melintasi gundukan pasir pantai.

Lokasi : Maps

Baca Juga : 20 Restoran Murah Untuk Rombongan di Jogja

2. Pantai Samas

Image Name

Pantai Samas merupakan salah satu destinasi wisata pantai di Jogja yang jarang diketahui orang tentang keindahannya. Wisata Pantai samas ini memiliki jarak sekitar 30 km dari kota jogja dan dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu sekitar 60 menit. Pantai berpasir hitam ini menawarkan pemandangan matahari terbenam dengan suasana santai.

Jika Anda merasa bosan dengan pantai yang ramai, Maka Pantai ini direkomendasikan sebagai tempat wisata untuk menjauh dari hiruk pikuk keramaian kota dan melepas kepenatan saat sibuk bekerja. Selain itu kawasan Pantai Samas memiliki delta sungai dan danau air tawar yang membentuk laguna.

Memanfaatkan keindahan danau atau pertemuan dua sungai, pengelola telah mengembangkan banyak fasilitas untuk membuat wisatawan merasa betah untuk mengenjungi pantai ini, seperti berperahu, tempat memnacing, wahana untuk bermain, gardu panjang, tambak udang dan masih banyak lainnya.

Salah satu destinasi wisata murah di Yogyakarta adalah objek wisata pantai. Tak terkecuali Pantai yang satu ini, karena Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000/orang untuk menikmati keindahan disini. Tambahan lainnya termasuk tiket parkir sebesar Rp 2.000 – untuk sepeda motor dan Rp 5,000 – untuk mobil.

Trending:  Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2022

Lokasi : Maps

3. Pantai Parangkusumo

Image Name

Pantai Parangkusumo termasuk salah satu Pantai di Jogja Dekat Malioboro, yang dianggap keramat di kawasan Parangtritis. Pasalnya, pantai ini dianggap sebagai pintu masuk utama menuju Keraton Gaib penguasa Laut Selatan yaitu istana ratu kidul. Oleh karena itu Istana Yogyakarta sering melaksanakan upacara labuhan dan festival tradisional lainnya oleh penduduk setempat, disekitar pantai parangkusumo ini.

Terletak 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dan dianggap sebagai pintu gerbang Istana Laut Selatan, Kompleks pantai Parangkusumo ini memiliki nuansa sakral jika anda baru memasuki wilayah ini. Aroma dupa yang dibakar, Merupakan salah satu bahan persembahan yang sering pengunjung temukan disini dan di sepanjang toko bunga yang bayak ditemui pengunjung bisa langsung merasakan aroma bunga Setaman, Hal inilah yang menjadi keunikan dan  jarang terlihat di pantai lain.

Nuansa sakral semakin terasa ketika melihat bunga-bunga taman yang ditaburkan sebagai sesajen di Batu Cinta yang terletak di Puri Cepuri. Tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul dan membuat sebuah kesepakatan. Saat itu Senopati sedang bersemedi di batu besar di utara sedangkan Ratu Kidul mendekat dan duduk di batu yang lebih kecil di bagian selatan.

Lokasi Pantai dan Bukit Pasir Parangkusumo hanya berjarak 6 km dari Parangtritis. Sekitar 700 meter dari tempat ini terdapat destinasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo yang memanjakan wisatawan. Bukit pasir yang indah ini biasa digunakan sebagai spot foto untuk berburu sunset dan melakukan olahraga ekstrim sandboarding.

Lokasi : Maps

Baca Juga : Puncak Sosok, Objek Wisata Malam Keren di Jogja

4. Pantai Depok

Image Name

Pantai Depok adalah salah satu pantai yang unik di Yogyakarta yang memiliki pemandangan eksotis. Kondisinya Berbeda dari pantai lainnya. pantai ini masih sangat asri sehingga menciptakan suasana santai untuk dikunjungi. Pantai di Yogyakarta yang satu ini semakin menarik perhatian dikarenakan keindahan alamnya yang semakin indah dan begitu mempesona.

Pantai Depok terletak di Jalan Pantai Depok, Kec. Bantul, Yogyakarta. Tempat ini terletak di dekat pantai Parangtritis yang juga sangat terkenal. Jika kamu berkendara dari pusat jogja atau Malioboro, pantai depok ini dapat dicapai dalam waktu 56 menit dengan melalui rute perjalanan sepanjang 28,5 km.

Biaya masuk Pantai Depok Jogja bervarisi, Untuk tiket masuk weekday seharga Rp. 4000. Weekend atau ada acara seperti Event Tertentu harga tiket masuk pantai depok bisa mencapai Rp.10.000, kemudian untuk Parkir Bus Rp.15.000, Parkir Mobil Rp.5000 dan Parkir Sepeda Motor Rp.2000, dan bagi pengunjung yang ingin Sewa Perahu Naga dibanderol dengan harga sewanya Rp.10.000.

Pantai Depok terkenal dengan sajian seafood yag dimasak secara tradisional tradisional. Wisatawan bisa makan di lesehan atau meja berukuran kecil yang telah di sediakan. Keindahan Objek wisata Pantai Depok tidak hanya pada seafood-nya saja. Di tempat ini wisatawan dapat melihat gumuk pasir yang luas dan bentangannya sampai wilayah pantai Parangkusumo dan pantai Parangtritis.

Dibentuk oleh proses yang memakan waktu selama ribuan tahun, gumuk pasir di pantai ini salah satu yang unik di Asia Tenggara dan jarang terjadi di daerah tropis.

Lokasi : Maps

5. Pantai Pandansari

Image Name

Selain menikmati wisata sejarah dan kuliner, tempat wisata pantai Jogja juga tak kalah menarik untuk dikunjungi saat liburan. Salah satu pantai tersembunyi Jogja adalah pantai Pandansari. Kawasan pantai Pandansari ini sebagian besar ditumbuhi deretan pohon pinus tidak seperti kebanyakan pantai berpasir lainnya yang ada di yogyakarta.

Pantai ini memang tidak setenar Pantai Cemara, parangtirits atau lainnya. Namun meski sedang berlibur di Pantai Pandansari Yogyakarta Anda tetap bisa menikmati keindahan alamnya. Namun untuk menikmati keindaha pantai yang masih alami bisa anda wujudkan di pantai pandansari ini. Obyek Wisata Pantai Pandansari menawarkan tempat berkemah yang sangat direkomendasikan untuk Anda nikmati.

Trending:  Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2022

“Untuk berkunjung menikmati obyek wisata pantai Pandansari ini sagat murah hanya dengan biaya tiket masuk sebesar Rp.3.000/orang. dan ada biaya tambahan bagi anda yang membawa kendaraan yaitu retribusi parkir wisata Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 bagi yang membawa mobil. (Untuk harga tiket masuk dapat berubah sewaktu waktu).

Pantai ini terletak kurang lebih 28 kilometer dari Malioboro, sehingga dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 50-60 menit. Objek wisata jogja terhits yaitu pantai Pandansari ini buka 24 jam, Jadi Anda bebas berkunjung kapan saja selama liburan di Yogyakarta.

Selain keunikan diatas, pantai ini juga terkenal dengan keberadaan mercusuar yang ikonik. Tidak hanya menjalankan fungsinya mercusuar di tepi pantai ini juga bisa dijadikan tempat untuk menikmati pemandangan sekitar. Deretan pohon pinus di sepanjang pantai juga bisa menjadi sebuah tempat spot foto yang cukup menarik. Seperti saat pohon pinus menghijau di musim hujan dan saat daun berguguran di musim kemarau.

Lokasi : Maps

Baca Juga : Wisata Kuliner Baru, Lesung Cafe dan Resto Jogja

6. Pantai Goa Cemara

Image Name

Menuju ke barat Pantai Parangtritis terdapat sebuah pantai yang di beri nama Pantai Goa Cemara. Terdapat kawasan hutan cemara yang luas di pantai Goa Cemara ini. Pemandangan matahari bersinar melalui celah dedaunan di pantai menjadi daya tarik bagi para fotografer, yang ingin mengambil momen dengan suasana terbaik.

Sekarang Anda tidak perlu pergi ke goa bawah tanah. Di Pantai Goa Cemara, anda akan merasa seperti berada di dalam gua. Bedanya atap dan dinding goa bukanlah batuan, melainkan ranting dan daun cemara yang tegak membentuk jalan setapak seperti sebuah lorong goa yang indah.

Terdapat Biaya masuk pantai Goa Cemara bagi wisatawan untuk memasuki kawasan wisata pantai ini. Tapi yakinlah bahwa harganya termasuk murah dan pasti terjangkau, hanya dengan Rp. 5.000/ orang sudah bisa masuk dan menikmati keindahan panorama pantai beserta pohon cemaranya yang indah. Selain itu beberapa warung menyajikan makanan ringan dan makanan berat seperti Seafood makanan khas daerah Bantul.

Selain hutan cemara wisatawan juga bisa naik mercusuar dengan ketinggian 40 meter. Dari atas wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai sekitar Goa Cemara serta hutan cemara yang luas dan laut biru yang sangat indah. Pantai ini berjarak 29 km dari Malioboro yang terletak di Desa Gadingsari, Dusun Patehan, Kecamatan Sendan – Yogyakarta.

Lokasi : Maps

7. Pantai Pandansimo

Image Name

Pantai Pandansimo adalah pantai  paling barat di wilayah Kabupaten Bantul. wilayah objek wisata ini berbatasan dengan Kabupaten Kulonprogo. Disekitar pantai terdapat beberapa petilasan yang sering dikunjungi diantaranya: Petilasan Pandansimo, Pandanpayung, Pandansari, dan Pandansegegek.

Pantai Pandansimo bisa menjadi salah satu pilihan terutama bagi Anda yang menyukai Pantai dan ingin melihat sunset. Berbagai obyek wisata yang tak kalah menarikpun bisa Anda nikmati di Pantai ini. Bermalam sambil berkemah di pinggir Pantai pasti menjadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. Anda bisa melakukan kegiatan ini di Pantai Pandansimo karena di sana tersedia area khusus untuk berkemah atau camping.

Untuk menikmati segala macam obyek wisata dan fasilitas di Pantai ini, Anda cukup membayar tiket berdasarkan kendaraan yang Anda bawa. Untuk sepeda motor dikenai tiket seharga Rp 5.000 dan untuk kendaraan mobil maupun roda empat lain dikenakan biaya Rp 10.000. Harga yang sangat murah untuk tempat wisata alam yang menarik seperti ini.

Trending:  Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2022

Pantai yang memiliki kincir angin yang cukup besar. Kincir angin ini dibangun oleh Mahasiwa UGM dengan Kementrian riset dan Teknologi. Hal ini mengapa setiap akhir pekan atau musim liburan tiba banyak pengunjung yang memadati pantai ini. Kincir angin ini sebagai sumber energi listrik di sekitar obyek wisata, seperti penerangan untuk warung-warung kuliner dan pembuatan es untuk mengawetkan ikan. Wisatawan bisa menuju Pantai Pandansimo dengan jarak 30, 8 kilometer dari Malioboro, dalam waktu tempuh 1 jam lebih 5 menit.

Lokasi : Maps

Baca Juga : Inilah Pantai Dengan Pasir Terhalus di Dunia Tenyata di Indonesia

Tips Untuk Berwisata ke Pantai

Image Name

Sebelum berkunjung ke Pantai di Jogja Dekat Malioboro, maka sebaiknya anda mempersiapkan diri dengan memperhatikan beberapa tips berwisata ke pantai di bawah ini.

1. Siapkan tas ransel anti air dan plastik pelindung

Penting untuk memiliki ransel tahan air atau parasut. Tujuannya adalah untuk mencegah properti pribadi menjadi basah selama berada di pantai. Juga sediakan kantong plastik untuk pakaian yang telah digunakan saat berenang. Selain kantong plastik sediakan juga plastik bening atau yang transparan untuk melindungi kamera atau ponsel.

2. Kenakan outfit yang tepat

Pilih warna yang cerah sehingga menghasilkan foto yang bagus di bawah sinar matahari. Lengkapi juga outfit imutmu dengan topi pantai atau bandana untuk melindungi kepalamu dari terik matahari. Perhatikan penggunaan pakaian yang tetap terlihat sopan. Meski penampilan tidak penting, Namun pakaian memainkan peran penting saat pergi berlibur ke pantai.

3. Memakai sunblock

Pantai dikenal identik dengan cuaca panas. Panasnya sinar matahari juga dapat merusak berbagai lapisan kulit. Kulit mungkin menjadi gelap terbakar atau timbul bintik-bintik hitam. Jadi ketika Anda memutuskan untuk pergi berlibur ke pantai gunakan tabir surya atau sunblock dengan SPF yang relatif tinggi.

4. Gunakan kacamata hitam

Tahukah kamu bahwa mulai pukul 10 pagi hingga 4 sore, Radiasi ultraviolet cukup tinggi? Fungsi menggunakan kacamata hitam di sini adalah perlindungan dari sinar UV yang berbahaya. Oleh karena itu kacamata bukan hanya alat yang digunakan sebagai pelindung dari debu saja. Dengan menggunakan kacamata, Anda bisa leluasa menikmati pemandangan pantai tanpa takut risiko radiasi.

5. Siapkan kamera terbaik

Tidak lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen-momen menyenangkan di balik keindahan pantai jogja yang memukau. Dengan kualitas kamera yang bagus anda akan mendapatkan foto pantai yang indah. Jika Anda tidak memiliki kamera digital Anda dapat menggunakan fitur-fitur canggih dari ponsel Android yang anda miliki.

6. Membawa bekal makanan dan minuman

Biasanya Makanan dan minuman yang dijual di kawasan wisata seringkali sangat mahal. Untuk menghemat biaya kami sarankan untuk membawa makanan dan minuman dari rumah. Gunakan botol atau tempat makanan sendiri untuk menghindari pemborosan dan meminimalisir timbulnya sampah sehingga kebersihan pantai tetap terjaga. Namun, jika Anda ingin mencicipi aneka seafood yang ditawarkan di warung-warung atau di lokasi wisata juga tidak ada salahnya.

7. Cobalah wahana dan fasilitas yang ada

Berkunjung ke pantai tidak lengkap tanpa menggunakan wahana dan fasilitasnya. Menikmati olahraga air seperti banana boat, water sport, paralayang atau sepeda motor ATV adalah pengalaman yang sangat menarik. Tips wisata pantai ini akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Baca Juga : Viral! Inilah Wisata Heha Sky View Jogja

PENUTUP

Kini kamu sudah punya banyak pilihan wisata Pantai di Jogja Dekat Malioboro, dan untuk rata-rata perjalanan menuju ke pantai ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam, kemudian untuk lokasinya hanya bertetangga antara satu lokasi wisata pantai dengan wisata pantai lainnya. Meskipun demikian untuk suasana dan keindahan dari setiap pantai dekat malioboro ini tentunya berbeda dan memiliki keunikan masing-masing yang dimilikinya.

Originally posted 2022-09-27 08:00:16.

Check Also

Plengkung pitu Klaten Wisata Baru Jogja

Plengkung Pitu Klaten, Destinasi Wisata Baru Di Klaten Wajib Dicoba

Masa Penjajahan Belanda berlangsung cukup lama di Tanah Air. Hal ini terbukti dengan banyaknya peninggalan …