Cara, Lokasi dan Tiket Masuk Ke Bukit Campuhan Bali

Bukit Campuhan – Bali merupakan sebuah pulau yang memiliki banyak destinasi wisata surga dunia. Bagaimana tidak, hampir semua wilayah Bali memiliki daya tarik dan keindahan masing-masing. Tidak heran apabila banyak sekali wisatawan yang ingin menginjakkan kaki di Pulau Bali.

Daya tarik alam Bali terkenal sebagai tempat wisata terindah yang ada di Indonesia, baik itu alam pegunungan maupun lautnya. Perbukitan alam Bali menyediakan hamparan lembah bukit yang hijau dengan ilalang sebagai pelengkapnya. Alam laut Bali pun cukup terkenal hingga wisatawan dunia, sebab menyajikan pantai dan alam bawah laut yang indah dan menarik.

Alam perbukitan Bali yang kini sedang menjadi sorotan adalah Bukit Campuhan. Meski tergolong masih belum terkenal seperti tempat wisata lainnya, keindahan alam bukit ini tidak kalah menarik. Bahkan, Bukit ini erat hubungannya dengan salah satu Pura di Bali. Pura tersebut tidak lain yaitu Pura Gunung Lebah.

Gunung lebah mempunyai arti menarik, yaitu mengandung makna sebuah bukit yang terletak pada sebuah lembah. Menariknya, bukit ini terletak antara dua aliran sungai di Bali. Kedua sungai tersebut yaitu sungai Oos dan juga sungai Cerik. Oleh sebab itulah bukit ini sangat diminati oleh banyak wisatawan untuk mengunjunginya.

Alamat atau Rute Perjalanan Menuju Bukit Campuhan

Image Name

Tentu saja sebelum memutuskan untuk mengunjungi bukit ini, Anda harus mengetahui alamatnya terlebih dahulu. Bukit ini terletak di Kecamatan Payangan Ubud Kabupaten Gianyar, tepatnya di Jalan Bangkiang Sidem Desa Kelusa Bali 80571. Untuk bisa sampai di tempat wisata ini, Anda dapat memulai perjalanan dari pusat kota. Dengan jarak tempuh mencapai 1 jam perjalanan saja.

Dalam perjalanan ke arah bagian barat, Anda akan bertemu dengan salah satu hot yang terletak di wilayah Ubud. Hotel tersebut adalah hotel Ibas yang terletak tepat sebelum jembatan Sungai Campuhan. Setelah itu Anda akan menuju arah belok kiri dengan jalanan yang menurun hingga akhirnya akan sampai di lokasi tujuan, yaitu Bukit Campuhan.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Bali Yang Sudah Dibuka 2021

Untuk sampai di tempat wisata Campuhan, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun menyewa kendaraan di tempat. Menariknya, ada persewaan sepeda yang dapat Anda manfaatkan disana. Tarif per sepedanya hanya dikenakan biaya sebesar 15.000 rupiah saja per hari.

Harga Tiket Masuk, Jam Operasional Bukit Campuhan

Image Name

Mungkin saat ini Anda mulai bertanya-tanya berapa biaya tiket masuk Bukit Campuhan dan bagaimana jam operasionalnya. Perlu Anda tahu bahwa untuk bisa mengunjungi bukit ini, Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk atau hal lainnya. Sebab semuanya diberikan secara terbuka dan bebas dikunjungi siapapun tanpa harus membeli tiket.

Hanya saja jika Anda makan di restaurant atau menginap di salah satu hotel, tentunya Anda akan dikenakan biaya. Jam operasional bukit ini yaitu tidak terbatas, sebab dapat dikunjungi kapan saja selama 24 jam penuh. Dengan demikian kapanpun Anda memiliki waktu berkunjung, bisa langsung mengunjungi tempat wisata ini.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan

Image Name

Selain dapat diakses secara gratis, disini Anda bisa melakukan beberapa kegiatan yang dapat Anda pilih. Sebab ada beberapa aktifitas yang dapat dilakukan secara bebas di Bukit Campuhan ini. Penasaran dengan kegiatan tersebut? Simak ulasan pembahasannya di bawah ini:

1. Trekking atau Jogging

Terdapat jalanan yang dapat digunakan sebagai tempat melakukan trekking maupun jogging dengan panjang hingga 2 Km.Jalan tersebut tampak bagus dan baik digunakan untuk melakukan kegiatan tersebut. Hanya saja kontur jalanan tersebut cukup menantang sehingga cocok untuk memicu adrenalin.

2. Ridge Walk

Ada salah satu rute yang biasa digunakan untuk trekking yang terkenal dengan nama ridge walk. Jalur ini populer dengan keindahan alam serta suasana khas Bali, tidak heran apabila foto berlokasi ridge walk Campuhan sering ditemui. Entah itu di dalam negeri hingga luar negeri.

Selain melakukan dua kegiatan di atas, Anda juga bisa menyalurkan hobi sambil menikmati keindahan alam Campuhan, seperti melukis misalnya.

Mungkin Anda bertanya, mengapa bukit ini sangat menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya. Tentu saja karena tempat ini dapat diakses secara gratis, akan tetapi ada alasan lain yang lebih menarik. Yups, bukit ini pernah menjadi salah satu lagu yang bertajuk “Tepi Campuhan” milik grup band Slank. Dalam lagu tersebut diisyaratkan keindahan bukit yang dihiasi oleh ladang ilalang, pohon rindang dan juga lembah persawahan berwarna hijau.

Baca Juga : Review Wahana Waterboom Bali, Wisata Air Terbesar di Pulau Dewata

Tidak hanya itu saja yang menjadi daya tarik bukit ini, sebab Bukit Campuhan merupakan area suci yang disakralkan oleh umat Hindu. Dengan demikian Anda bisa mencoba mengembalikan energi yang terkuras oleh padatnya kegiatan. Sebab bukit ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat persinggahan peristirahatan dari hiruk pikuknya kota

Hotel yang Ada di Sekitar Bukit Campuhan Ubud

Apabila Anda menginginkan waktu yang cukup lama berada di bukit ini, Anda bisa memilih beberapa hotel yang tersedia. Sebab dengan menginap di hotel Anda akan lebih leluasa dan puas menikmati indahnya alam Campuhan. Berikut adalah daftar hotel yang akan Anda temui di bukit ini:

  1. Argasoka Bungalows, hotel ini setara dengan hotel bintang dua yang ada di Ubud. Biaya sewa hotel ini dibandrol harga mulai dari 370.000 per malam.
  2. Friendly House Bali, tempat sekelas fuest house ini menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda singgahi. Sebab biaya sewa yang ditawarkan mulai dari 260.000 saja.
  3. Made Arsa homestay, tempat ini merupakan hotel terpopuler yang sering disinggahi oleh wisatawan. Sebab biaya yang ditawarkan hanya berkisar mulai dari 210.000 saja.

Tips Sebelum Mengunjungi Bukit Campuhan

Setelah menyimak beberapa informasi terkait tempat wisata ini, kini saatnya Anda menyimak tips untuk mengunjunginya. Sebab ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui dan juga patuhi di kawasan tersebut. Berikut adalah beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan:

  • Perhatikan barang bawaan, misalnya dengan membawa bekal yang cukup. Sebab tidak menutup kemungkinan Anda akan kesulitan menemukan warung terdekat. Apalagi ijika dalam kondisi mendesak, sebab jarak bukit ini memang jauh sekali.
  • Memperhatikan waktu terbaik yang akan Anda gunakan juga merupakan hal penting. Sebab waktu tersebut akan menentukan hasil yang dirasakan. Apabila ingin melihat pemandangan tanpa halangan, sebaiknya kunjungi bukit ini ketika matahari terbit atau terbenam.
  • Menghormati wilayah suci bukit Campuhan sangat dianjurkan. Sebab wilayah ini merupakan wilayah yang disakralkan oleh masyarakat Hindu sekitar. Oleh sebab itu perilaku dan etika wajib untuk diperhatikan.
  • Tidak mengotori area bukit dengan merokok, apalagi membawa narkoba, hal ini sangat tidak boleh dilakukan. Menjaga kebersihan bukit juga menjadi tanggung jawab Anda sebagai wisatawan.
  • Membawa kamera terbaik, sebab dengan kamera tersebut Anda dapat menangkap foto yang sangat instagramable. Sebagai sebuah bukti dan memori terpenting dalam hidup.

Akhir Kata

Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat dan kerabat. Sebab suasana alam yang asri akan menciptakan keharmonisan hakiki bagi keluarga Anda. Anda dapat mengunjunginya sesuai dengan waktu yang dimiliki, apakah pada waktu weekend atau tidak.

Itulah penjelasan mengenai Bukit Campuhan yang dapat disampaikan. Semoga saja dapat menjadi tolak ukur dalam mempersiapkan berbagai keperluan ketika hendak mengunjunginya. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga diri dari berbagai hal penting yang dilarang agar tidak mendapatkan sanksi.

Originally posted 2022-06-10 05:45:51.

Check Also

pura Tanah lot

Lengkap! Info Terkait Wisata Pura Tanah Lot di Bali

Pulau Bali adalah salah satu destinasi wisata populer di dunia. Bali dikenal kaya akan keindahan …