Wisata Kuliner, 7 Makanan Khas Gorontalo Terenak

TravelMap – Gorontalo banyak menyimpan keindahan alammempunyai julukan “serambi madinah”, terletak di bagian utara pulau sulawesi yang dulunya merupakan bagian dari sulawesi utara. selain keindahan alam yang dimiliki gorontalo juga memiliki kuliner yang tidak kalah menariknya dengan daerah lain. Makanan Khas Gorontalo memiliki cita rasa yang enak dan juga pedas.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Terkenal di Gorontalo

Daftar Makanan Khas Gorontalo

1. Binte Biluhuta

Image Name
Foto : @binte_olamita

Nama Binte berarti jagung, sedangkan Biluhuta berarti siram. Jadi secara bahasa berarti jagung yang disiram. Gorontalo dikenal sebagai daerah yang subur untuk produksi jagung. Oleh masyarakat sekitar, Hasil bumi tersebut digunakan untuk menciptakan kelezatan kuliner khas Gorontalo, yaitu “binte biluhuta”. Binte Biluhuta dibuat dengan bahan dasar jagung dan kelapa parut.

Jagung putih ketan, dicampur dengan kelapa parut, udang, dan suwiran ikan, lalu di atasnya disiram dengan bumbu khas gorontalo. Lezat dan lengkap dengan irisan daun bawang, tomat, kemangi dan cabai. Untuk menambah aroma yang lezat, tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Binte Biluhuta paling enak disantap ketika di hidangkan saat masih panas.

2. Ayam Iloni

Image Name
Foto @cheryl_chicken_dessert

Ayam Iloni adalah ayam bakar khas gorontalo yang mempunyai cita rasa berbeda dari ayam bakar biasanya. Makanan khas dari Gorontalo ini sangat menggugah selera. Keunikan ayam bakar Iloni terletak pada cara pengolahannya. Jika ayam bakar umumnya dibakar setelah dibersihkan, maka pada pengolahan ayam Iloni ditambahkan bumbu khusus terlebih dahulu agar bisa meresap ke dalam daging. Setelah bumbu meresap, ayam siap dibakar kemudian di lumuri dengan racikan bumbu santan dan siap disantap. Ayam Iloni umumnya dibuat menggunakan ayam kampung.

Trending:  Rekomendasi Terbaik, Tempat Wisata di Pohuwato Unik dan Populer

3. Sate Tuna

Image Name
Sate Tuna Foto : TripAdvisor

Yang sudah banyak orang kenal adalah sate madura dan sate padang. Tak hanya itu, Gorontalo juga memiliki sate racikan sendiri, yaitu Sate Tuna. Gorontalo juga merupakan salah satu daerah penghasil ikan tuna dan sering di expor ke luar negeri, Seperti jagung yang telah kita bahas sebelumnya juga merupakan hasil bumi yang di expor keluar negeri.

Sate merupakan kuliner khas nasional yang sudah mendunia. Di Gorontalo, tuna dipotong dadu kemudian di buat seperti sate. Pengolahan ikan tuna bukan hanya sate saja, tetapi ada jenis ikan tuna lainnya, seperti tuna sashimi, tuna yang diolah dalam woku, dada ikan tuna bakar, dan sup tuna yang segar dan lezat.

4. Bilenthango

Image Name
Foto : reddoorz.com

Makanan khas Gorontalo yang terkenal  selain ikan tuna adalah bilenthango. Bilenthango merupakan makanan khas gorontalo yang memilki bahan dasar utamanya ikan. Ikan yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan bilenthango adalah ikan goropoa yang juga dikenal sebagai kerapu. Keunikan masakan khas Gorontalo adalah pada pengolahannya.

Ikan di belah kemudian di kasih bumbu sebelum meggorang ikan dilapisi daun pisang yang digunakan sebagai alas ikan saat di goreng. Hal ini untuk mengurangi risiko ikan gosong akibat penggorengan yang lama.

5. Ilabulo

Image Name

Ilabulo merupakan makanan favorit masyarakat gorontalo, rasanya yang lezat membuat makanan ini banyak diminati. Mungkin bagi yang bukan Masyarakat Gorontalo, jika melihat makanan ini akan berpikir pepes. Sekilas Illabuo terlihat seperti Pepes. Jika dicicipi, rasanya akan sangat berbeda dengan pepes. Ilabuo adalah makanan khas gorontalo yang terbuat dari sagu dan hati ayam. Dimasak menggunakan santan. jika berada di gorontalo saat ini sebaiknya kamu mencicipi makanan yang satu ini.

Trending:  10 Destinasi Wisata Terkenal di Gorontalo

6. Perkedel Nike

Image Name
perkedel nike @sarangoci.id

Makanan Khas Gorontalo yang satu ini musiman ya, jadi tidak setiap hari ada, biasanya kalau lagi musim banyak terlihat pedagang yang menjual ikan nike ini di Jembatan Talumolo. ikan ini mirip seperti ikan teri namun memiliki ukuran yang lebih kecil dan tentunya ikan nike ini kaya akan nutrisi. Untuk pembuatannya mirip kayak perkedel lainnya namun ini menggunakan bahan dasar ikan nike yang memiliki cita rasa tersendiri. makanan perkedel nike ini sangat disukai oleh anak anak, rasanya enak dan gurih.

7. Sayur Putungo

Image Name
sayur putungo @dindinmed

Makanan khas gorontalo yang dibuat dengan bahan utama menggunakan jantung pisang. Biasanya dijadikan tumis, santan atau hanya di jadikan lalapan. Bagi masayaraka setempat biasanya sayur putungo dimakan dengan jagung rebus atau jagung bakar. Putungo juga bisa dijadikan lalapan mentah, kemudian dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan sambal, lalu dimakan dengan jagung.

Sayur putungo juga merupakan hidangan tradisional. Di beberapa daerah lain mungkin juga ada masakan dari jantung pisang yang diolah, masing-masing daerah memiliki cara mengolah dan meracik bumbu yang berbeda.

Baca Juga : Tempat Wisata di Pohuwato Unik dan Populer

Itulah beberapa Makanan Khas Gorontalo yang bisa kamu cicipi ketika sedang berkunjung ke daerah ini.

Check Also

Restoran Murah Untuk Rombongan di Jogja

20 Restoran Murah Untuk Rombongan di Jogja

Restoran Murah Untuk Rombongan di jogja – jogjakarta merupakan salah satu kota terbesar diindonesia dan …