Air Terjun Indah Coban Talun Malang Batu

Coban Talun MalangKita tentu sudah familiar dengan wisata di Kota Malang dan utamanya di Batu. Salah satu destinasi wisata paling dicari di Indonesia ini merupakakan pilihan utama bagi banyak wisatawan dan turis yang menginginkan hiburan dan pengalaman berlibur yang unik.

Meski sudah populer, namun seringkali kita lupa bahwa Malang dan Batu juga memiliki destinasi wisata alam yang sangat menggugah jiwa. Tentu kita sudah sering mendengar Batu Secret Zoo atau Museum Angkut. Namun berapa banyak dari kita yang tahu wisata alam di sana?

Salah satu wisata non-konvensional yang bisa membuat anda semakin tertarik dengan Malang adalah Coban Talun Malang. Sedikit terasa jarang didengar ya? Dan agak asing serta tak umum bagi orang-orang untuk membahas ini sebagai tempat wisata.

Baca Juga : 10+ Wisata Air Terjun di Malang Terbaik 2021

Padahal tempat wisata ini merupakan salah satu hidden gem yang pasti populer namun sayangnya menjadi terlupakan atau jarang dibahas. Beruntung sebagian orang membuatnya naik daun di internet karena mengalami sendiri bagaimana rekreasi di sana menjadikan mereka lebih rileks dan tenang.

Keindahan air terjun di Coban Talun Malang dan sensasi menenangkan jiwa sedikit banyak memang berbeda dengan gemilang atraksi yang ada di Malang dan batu. Namun hal ini bukan berarti mereka tidak bagus, justru kini kami akan berikan informasi tentang bagaimana hidden gem ini menarik!

Rekreasi Relaksasi Jiwa

Kebanyakan orang yang mengunjungi Malang dan Batu mungkin berasal dari perkotaan yang lebih padat dan bergerak cepat. Dinamika kehidupan kota yang penuh dengan pekerjaan dan produktivitas tentu membuat jiwa kita lelah dan ingin kedamaian serta hidup nyaman yang lebih lambat.

Trending:  10+ Wisata Air Terjun di Malang Terbaik 2022

Coban Talun Malang merupakan tempat rekreasi yang mungkin bisa menjawab kebutuhan itu. Sejatinya, atraksi utama dari Coban Talun adalah air terjunnya. Cipratan air yang dingin alami serta arusnya yang membuat kita tenang adalah deskripsi terpresisi tentang tempat ini.

Tempat ini berada di dataran tinggi. Tepatnya sekitar 950 meter di atas permukaan laut. Udara di sini tentu tipikal udara Malang yang relatif lebih bersih karena mantabnya penghijauan di daerah sana dan banyaknya ruang terbuka hijau yang aman dan menghasilkan oksigen.

Kembali lagi ke daerah Bumiaji, tempat yang menaungi banyak sekali objek wisata ini juga merupakan daerah tempat Coban Talun Malang.  Ia melengkapi pesona Malang sebagai tempat hiburan adrenalin dan tawa dengan relaksasi dan kedamaian dari kebisingan hidup di perkotaan.

Air Terjun Damai dan Estetik

Image Name

Beberapa orang yang kesini mungkin ingin berfoto. Spot foto yang paling baik tentu sekitar 2 meter dari titik jatuh air terjun. Hal ini karena anda bisa mengambil panorama alam dan orang-orang secara menyeluruh dan alami. Gambar yang anda dapat akan menggambarkan hidup asli di sana.

Coban Talun Malang memiliki panorama yang memanjakan mata. Selain rasa alami dan panorama luas anda juga bisa menikmati suasana hutan rural yang masih asri. Tak seperti hutan wisata lain, cukup nyaman berada di tengah hutan Talun Malang ini.

Baca Juga : Wisata Taman Langit Gunung Banyak Batu Malang 2021

Tentu kami sangat menyarankan anda membawa beberapa alat penangkal serangga. Selain itu jangan juga membawa terlalu banyak makanan terbuka karena bisa mengundang hewan dan serangga yang tak diinginkan yang bisa mengganggu berbagai kegiatan di sana.

Trending:  10+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Batu Terbaik 2022

Namun selain estetika, anda juga bisa merasakan damai dan relaksasi di objek wisata alam Coban Talun Malang. Ini bisa dilakukan dengan mandi atau berenang di objek wisata ini. Selain itu anda juga bisa duduk-duduk atau sekedar menikmati alam saja di sekitar sana.

Kompleks Bunga

Di dalam hutan ini, Mayoritas variasi tanaman adalah tumbuhan pohon paku yang endemik daerah Jawa Timur. Curah hujan yang cukup tinggi dan selalu mengguyur menyebabkan hutan ini cukup lembab dan kaya akan biodiversitas.

Coban Talun Malang masih menyimpan keindahan dan kesegaran alami. Hal ini termasuk serangga dan lumut yang kerap muncul di pepohonan dan juga di tanah yang kita injak sebagai jalan. Melangkahlah dengan hati-hati dan siapkan diri dengan ponco atau jaket anti hujan.

Salah satu kompleks di sini bernama kompleks OYOT yang kaya akan tumbuhan-tumbuhan yang indah. Selain spot foto, anda juga dapat melihat bagaimana biodiversitas dan kekayaan budaya alami membentuk daerah ini di kompleks OYOT.

Di dalam kompleks ini, Coban Talun Malang menghadirkan pengalaman berfoto dan berpose bersama dengan berbagai jenis bunga yang endemic dank has daerah ini. Dengan curah hujan tinggi dan kondisi lembab maka mereka tumbuh subur dan optimal di tanah yang penuh mineral juga.

Anda bisa menemukan bunga Krisantemum serta bunga Lily yang indah. Tak ketinggalan bunga Edelweiss yang tak pernah layu. Bunga-bunga ini merupakan tumbuha dan bunga yang khas Malang atau dataran tinggi.

Selain menemukan keindahan dan berfoto, kami tentu mengingatkan bahwa di Coban Talun Malang tidak boleh memetik atau merusak berbagai tumbuhan dan bunga yang ada. Kelalaian dan kesengajaan bisa dihukum dengan ganti rugi yang jumlahnya tidak sedikit. Patuhi aturan dan jadilah turis baik.

Trending:  10+ Wisata Air Terjun di Malang Terbaik 2022

Penginapan Hotel di Coban Talun Malang

Image Name

Jarak menuju objek wisata ini memang cukup jauh dan bisa melewati keramaian dan kemacetan yang luar biasa. Mungkin anda lebih memilih tinggal atau menginap di Malang daripada di Surabaya. Oleh karena itu manajemen dan pengurus objek wisata sudah menyiapkan tempat untuk menginap.

Penginapan di dalam objek wisata Coban Talun Malang, Terdapar Rumah Pagupon. Penginapan a la Villa konvensional yang tetap mengandung desain minimalis. Villa ini muat untuk satu keluarga setidaknya empat orang atau dua orang.

Selain itu terdapat pula kemah yang lebih minimalis untuk sensasi menginap yang lebih berbeda. Jangan khawatir dengan udara karena asal anda membawa jaket maka anda tidak akan terlalu kedinginan. Mereka juga tak akan memiliki udara yang cukup panas sehingga anda akan merasa nyaman.

Penginapan di Coban Talun Malang memiliki kamar mandi dengan air dingin dan hangat. Bila anda tidak kuat maka kami rekomendasikan untuk menggunakan air hangat sebelum tidur. Namun bila anda bisa maka gunakan air dingin agar badan anda membangun hangat tubuh sehingga lebih nyaman tidur.

Baca Juga : Wisata Keren Goa Pinus Batu Malang 2021

Parkiran dan medan jalan di sini cukup bervariasi. Untuk menjaga alami pesona di sana maka seringkali anda harus berjalan di jalan yang tak diaspal. Anda bisa menikmati betapa asri dan nikmatnya udara di sana tanpa harus menggunakan AC atau pendingin ruangan lain.

Namun di Coban Talun Malang juga tersedia tempat-tempat yang lebih modern dan koneksi internet yang cukup baik untuk anda mengunggah berbagai foto yang anda kumpulkan langsung ke media sosial pilihan anda. Biasanya ada diskon khusus apabila anda men-tag Instagram Coban Talun.

Check Also

gamplang studio alam

Lokasi dan Tiket Masuk Wisata Gamplong Studio Alam

Yogyakarta termasuk salah satu kota yang banyak dikunjungi para wisatawan. Baik itu warga Indonesia sendiri …