Wisata Taman Langit Gunung Banyak Batu Malang 2021

Taman Langit Gunung Banyak – Masih berkutat dengan wisata di Malang, semakin lama dan semakin hari kita mendengar kabar bahwa PPKM semakin sukses dan berbagai upaya kita memerangi pandemi ini mulai menunjukkan hasil yang positif. Membuka kesempatan bagi pariwisata bangkit kembali.

Kita mulai banyak melihat orang mencari hal-hal yang semakin unik. Kini Bali tidak hanya menjadi satu-satunya tujuan wisata primer di Indonesia. Bebragai tempat seperti Labuan Bajo dan Kota Batu di Malang – Jawa Timur menjadi alternatif pilihan wisata yang menarik bagi para turis lokal.

Baca Juga : 10+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Batu Terbaik 2021

Salah satu trend yang semakin marak di Indonesia adalah kawasan wisata yang Instagrammable. Tentu ini bisa positif maupun negatif. Meski begitu ini adalah fenomena nyata yang menjadi lahan atau konteks baru tempat wisata. Salah satu yang naik dan dicari adalah Taman Langit Gunung Banyak.

Kawasan wisata ini mulai naik daun dikarenakan keindahan alami dan buatan yang membuatnya sangat cocok untuk sesi foto maupun berlibur saja. Kali ini kita akan bahas tentang tempat wisata yang sangat instagrammable dan tentunya menarik yang ada di Malang tersebut.

Wisata Atraktif Taman Langit Gunung Banyak

Bumiaji merupakan daerah yang punya banyak objek wisata. Hal ini kerap kali menjadi tourist trap di Malang. Maksudnya adalah saking banyaknya daerah yang bisa diolah menjadi destinasi wisata, banyak tempat yang menggantungkan nasibnya pada pariwisata. Salah satunya Taman Langit Gunung Banyak.

1. Paralayang

Image Name

Di dalam Bumiaji, lebih rinci-nya di dalam daerah wisata Gunung Banyak tempat wisata ini terletak indah. Destinasi wisata ini sudah ada dari dulu, namun mungkin secara resmi baru ditilik dibuka sebagai tempat turis dan pariwisata pada tahun 2017.

Trending:  10+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Batu Terbaik 2022

Latar belakang alias jualan utama dari tempat wisata ini adalah pemandangan super indah dari Gunung Banyak. Ia merupakan gunung tinggi yang terletak di kompleks Songgokerto. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang ada di Jawa Timur. Disinilah Taman Langit Gunung Banyak terletak.

Sejatinya, objek wisata ini lebih terkenal untuk olahraga ekstrim yang memacu adrenalin. Contohnya adalah paralayang atau sky-glide. Olahraga ini akan membawa anda meloncat dari gunung hingga dataran yang lebih rendah dan memberi sensasi ekstrim terbang sendiri dengan sayap.

Selain itu, Taman Langit Gunung Banyak juga memberikan olahraga ekstrim lain seperti outbond dan juga flying fox. Anda bisa merasakan bagaimana rasanya melayang dengan aman dari jarak yang lebih rendah dan dengan keamanan yang lebih terjaga.

2. Pemandangan Indah

Selain itu pemandangan yang ada di sini merupakan pemandangan Gunung Semeru dan Welirang. Di kala fajar atau senja, dan utamanya bila awan tidak menutupi maka kita misa melihat Puncak Mahameru dari sini. Tentu bila anda punya lensa landskap dan kamera maka ini bisa jadi spot yang tepat.

Rute utama mencapai Taman Langit Gunung Banyak merupakan Rute Pujon. Sama seperti daerah dan objek wisata di Bumiaji lainnya, sangat disarankan anda membawa kendaraan pribadi kesini. Alasannya kendaraan umum masih belum banyak yang mengambil rute ini.

Sesampainya di sana, anda perlu menyiapkan sekitar sepuluh ribu rupiah untuk mendapatkan tiket masuk ke objek wisata ini. Setelah itu, anda bisa berkeliling dan mengambil foto sesuka hati. Mayoritas pendatang alias turis di sana memang ingin berfoto dengan latar belakang indah.

Misteri Angsa Dan Bidadari Langit

Image Name

Ternyata Taman Langit Gunung Banyak memiliki cerita untik tentang bagaimana tempat indah ini terjadi atau diciptakan. Menurut bahasa setempat, “Banyak” artinya angsa. Gunung Banyak dinamakan demikian dikarenakan ada sebuah cerita rakyat bahwa ini tempat dewa-dewi turun ke dunia.

Trending:  Tempat Wisata Dekat Alun-Alun Kota Wisata Batu

Jadi pada zaman dahulu, seangkatan dengan Sangkuriang dan Timun Mas – Beberapa bidadari Kahyangan turun ke muka bumi lewat Gunung Banyak. Bidadari-Bidadari cantik ini tentu harus menjelajah dengan aman agar tidak diserang oleh orang jahat atau raksasa.

Baca Juga : Wisata Keren Goa Pinus Batu Malang 2021

Mereka berdiskusi di Taman Langit Gunung Banyak. Taman ini dipanggil Taman Langit dikarenakan dekat dengan langit dan dipercaya merupakan tempat dimana Bidadari tersebut datang di awal. Mereka berdiskusi dan akhirnya setuju bahwa mereka akan berjalan-jalan dengan rupa bebek.

Penduduk sekitar memang membudi-dayakan bebek. Jadi memang memiliki dasar sosiologis yang kuat. Namun tentu sangat tidak disarankan untuk mengejar bebek di sana karena bisa membawa anda ke tempat yang berbahaya. Selain itu bisa jadi bebek itu milik orang lain.

Cantiknya Pemandangan Alami

Objek wisata Taman Langit Gunung Banyak memang sudah memiliki keindahan pemandangan tersendiri. Latar belakang Gunung Banyak dan Mahameru serta panorama dan suasana hutan yang masih terjaga alami membuat kita semakin senang dan tentunya segar.

Beberapa spot foto menggunakan later belakang tersebut. Beberapa instalasi juga dipasang untuk mempercantik foto-foto anda. Dari kami, jangan lupakan bahwa anda ada di dataran tinggi sehingga selalu jaga keseimbangan dan jangan terlalu berpose yang bisa merusak alam.

Instalasi-instalasi yang ada di Taman Langit Gunung Banyak lebih banyak berupa instalasi artistic yang orisinil. Artinya hal ini mungkin tidak bisa anda temukan di tempat-tempat lain. Mereka sangat cocok dijadikan latar belakang berfoto dan juga mengandung elemen cerita rakyat yang estetik.

Misalnya ada instalasi yang disusun dari kayu-kayu tipis yang pada akhirnya membentuk figure perempuan setinggi enak kaki hingga tujuh kaki tiga inci. Mungkin ukuran Indonesia bisa menjadi sekitar seratus delapan puluh dua sentimeter atau seratus Sembilan puluh sentimeter. Tinggi dan elegan.

Trending:  Tempat Wisata Dekat Alun-Alun Kota Wisata Batu

Taman Langit Gunung Banyak juga memiliki instalasi yang berbentuk angsa putih besar. Tentunya hal ini anda sempat baca bahwa ini berasal dari legenda angsa dan bidadari yang sempat menjadi cerita asal muasal dari objek wisata ini. Instalasi ini tinggi dan bisa dibilang menjadi ikon dari tempat ini.

Tempat Penginapan yang Nyaman

Image Name

Selain berwisata di pagi hari, di sini terdapat pula tempat penginapan yang selain nyaman juga aman. Memang ada yang berupa kamar hotel seperti biasa di Villa. Namun bila anda yang mencari pengalaman yang sedikit berbeda maka ada juga tempat yang mungkin anda sukai setelah ini.

Anda bisa menginap di Gardu Pantau. Kompleks wisata di dalam Taman Langit Gunung Banyak yang berupa Menara pengawas dimana anda bisa merasakan pengalaman dan sensasi menjadi forrest ranger atau Tarzan dengan kamar di atas yang siap untuk anda beristirahat.

Tempat penginapan berikutnya adalah villa konvensional. Mereka memiliki harga yang cukup premium namun bisa dibilang dekat dan juga nyaman. Mereka sangat mudah dicapai hanya perlu booking atau cukup ke resepsionis terdekat dan pesan kamar untuk hari itu juga.

Baca Juga : 9 Wisata Malam di Batu Malang yang Unik dan Menarik

Di tengah, terdapat kafe dalam Taman Langit Gunung Banyak yang bernama Cangkruk Manuk. Jadi anda tidak perlu keluar apabila harus atau memutuskan untuk menginap di objek wisata ini. Utamanya karena walau tak jauh dari Kota Batu (8 Kilometer) tetap saja daerah ini rawan macet.

Begitulah beberapa alasan dan fasilitas yang ada ketika nanti anda akan mengunjungi Taman Langit Gunung Banyak.Wisata non-konvensional ini tentu bisa jadi pilihan anda kelak ketika pandemi sudah mereda kembali atau ketika anda memutuskan untuk rekreasi di Jawa Timut.

Check Also

gamplang studio alam

Lokasi dan Tiket Masuk Wisata Gamplong Studio Alam

Yogyakarta termasuk salah satu kota yang banyak dikunjungi para wisatawan. Baik itu warga Indonesia sendiri …