Wisata Keren Goa Pinus Batu Malang 2021

Goa Pinus Batu Malang – Kota Batu dan Malang terkenal sebagai objek wisata di Indonesia. Mereka memiliki atraksi-atraksi seperti Jatim Park, Restoran Popok Bawang, dan Batu Night Spectacular untuk mengajak orang-orang dari seluruh Indonesia untuk datang dan menikmati Batu serta Malang.

Namun selain dari atraksi dan objek wisata yang ada dibangun oleh manusia, sebenarnya wilayah ini juga memiliki objek wisata in-situ alias alami yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Tentunya hal ini tak hanya berupa hutan semata atau sungai namun juga Goa.

Baca Juga : Tempat Wisata Dekat Alun-Alun Kota Wisata Batu

Atraksi alamiah bernama Goa Pinus Batu Malang ini merupakan salah satu yang kini makin banyak dicari oleh para wisatawan. Memang, akhir-akhir ini pengunjung semakin sedikit karena pandemi. Namun banyak blog dan juga situs lain yang membahas mengenai banyak orang berencana kesana.

Oleh karena itu mari kita coba lihat dan bahas apa yang menjadi daya tarik goa ini. Mungkinkah ada tempat-tempat yang tak terlupakan disana? Dan kenapa banyak orang menjadi sangat ingin untuk berkunjung ke goa ini? Apa yang membuatnya berbeda dan menarik dari goa lain?

Nyaman dan Sejuk

Image Name

Goa Pinus Batu Malang merupakan tempat wisata yang menjual keindahan dan juga pengalaman berwisata yang sejuk dan menyenangkan. Objek wisata ini cocok untuk anda yang berupaya untuk melepaskan diri dari berbagai hal yang identik dengan perkotaan dan lebih alami.

Mungkin anda penat dengan jalan-jalan beraspal dan sensasi rush hour yang ada di berbagai macam kehidupan kota. Di sini, anda bisa menikmati jalan santai dengan hawa yang sejuk dan dingin. Anda akan dikelilingi oleh perhutanan utamanya pohon pinus sesuai nama objek wisata tersebut.

Trending:  Tempat Wisata Dekat Alun-Alun Kota Wisata Batu

Di dalam objek wisata Goa Pinus Batu Malang, mereka terletak di Bumiaji. Ia merupakan daerah Batu yang juga merupakan pemekaran daerah dari Kota Malang sendiri. Semuanya berada di dataran tinggi bersama kota Malang yang cukup dekat dengan Surabaya alias Jawa Timur.

Sangat disarankan untuk membawa kendaraan sendiri saja untuk mencapai objek wisata ini. Alasannya, nyaris tidak ada bus ataupun angkot dan kendaraan lain yang membawa anda ke objek wisata ini maupun kembali pulang ke hotel maupun Surabaya atau Kota Malang.

Satu-satunya transportasi umum yang mungkin mau mencapai objek wisata Goa Pinus Batu Malang adalah ojek daring. Berbagai pengemudi dari aplikasi Grab, Gojek dan juga Maxim bisa ditemukan di beberapa pangkalan di sekitar objek wisata ini. Namun kendaraan pribadi paling direkomendasikan.

Anda mungkin akan dikenakan ongkos dari sepuluh ribu rupiah untuk memasuki beberapa area yang menarik. Di dalam objek wisata ini anda tidak hanya disuguhi pemandangan dan pengalaman di hutan serta di gua, namun juga ada berbagai tempat lain yang bisa anda alami sendiri keindahannya.

Apa Yang Bisa Dicoba Di Goa Pinus Batu Malang ?

Di dalam kompleks objek wisata alami Goa Pinus Batu Malang,  terdapat beberapa bagian atau wilayah yang bisa anda coba Tentu seperti yang kami bilang sebelumnya, anda tidak akan hanya melihat pemandangan gua maupun hutan. Objek wisata ini cukup bervariasi dan menghadirkan keunikan.

Baca Juga : 9 Wisata Malam di Batu Malang yang Unik dan Menarik

1. Gua Pinus Utama

Di sini anda membayar sepuluh ribu rupiah untuk masuk pertama kali. Gua pinus utama di sini adalah gua hasil tambang yang dahulu menjadi sumber pemasukan dari para penduduk sekitar. Setelah tambang tak lagi menghasilkan, investor mengubah tempat ini menjadi tempat wisata.

Trending:  10+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Batu Terbaik 2022

Keindahan alam di sekitar Goa Pinus Batu Malang membuatnya tempat yang cocok untuk kegiatan-kegiatan rekreasi yang meditatif. Maksudnya adalah tempat wisata ini bisa membuat anda lebih rileks dengan berjalan atau menghirup udara segar dan mengalami hidup yang lebih lambat.

Anda bisa bermeditasi, piknik maupun sekedar berjalan-jalan di hutan pinus. Tentu di dekat sini ada banyak hal lain yang bisa anda lakukan namun yang menjadi jualan utama objek wisata ini adalah bagaimana alam bisa membuat anda lebih rileks dan memiliki pikiran yang segar.

Dari alun-alun, Goa Pinus Batu Malang bisa berjarak setidaknya 11 Kilometer. Cukup jauh memang, bila anda berjalan dari Surabaya, maka mungkin butuh tiga hingga lima jam untuk mencapai Goa ini. Disarankan anda menginap dahulu di Batu sebelum dan sesudah berkunjung agar lebih rileks.

2. Omah Honai/ Rumah Papua

Image Name

Rumah berbentuk jamur dengan jerami sebagai atapnya. Rumah Papua atau Omah Honai ini merupakan replikasi dari rumah adat yang biasa ditemukan di Papua. Pembangunannya cukup akurat dan tidak karikatural untuk mentertawakan budaya tersebut. Justru ini mengajak kita menghargai budaya Papua.

Bagian dari objek wisata lamai Goa Pinus Batu Malang ini memang cukup menarik untuk kita menjadi lebih banyak mengalami budaya lain. Anda harus merogoh kocek sebesar sepuluh ribu rupiah per-orang untuk bisa memasuki kawasan wisata ini.

Selain menikmati pemandangan, berfoto dan juga mengalami rasanya masuk ke Omah Honai, anda juga memiliki kesempatan pasti untuk mendapatkan bonus setiap berkunjung ke Omah Honai. Benar! Setiap orang – tepatnya setiap tiket yang anda beli akan memberikan anda satu susu gratis.

Ketika anda mengambil foto di kawasan Omah Honai dalam objek wisata alami Goa Pinus Batu Malang,  disarankan untuk menggunakan lensa landskap untuk menangkap keindahan maksimal. Anda dapat mengambil gambar pedesaan alami yang indah dan instagrammable di kawasan ini.

Trending:  10+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Batu Terbaik 2022

3. Goa Jepang & Spot Foto

Salah satu atraksi utama di objek wisata ini adalah gua yang sudah ada dari zaman penjajahan Nippon alias Jepang. Tidak diketahui relevansi atau sejarah dari gua ini, anda perlu datang untuk mengalaminya sendiri dan bertanya pada teman-teman di sekitar.

Goa Pinus Batu Malang kini menjadi salah satu spot foto yang sangat menarik. Goa ini tak seperti goa-goa lain di Indonesia yang terafiliasi dengan Jepang. Ia memiliki tinggi sekitar 150 Cm dan juga tak terlalu dalam, mungkin jarak dari mulut Goa hingga ujung hanyalah 500 Cm alias 5 meter saja.

Goa Jepang akan menyambut anda dengan mural atau karya sendi yang berbentuk pohon hidup. Seperti treant atau ent  di Warcraft dan Lord Of The Rings. Omong-omong ada juga Rumah Hobbit yang mirip dengan yang aslinya di New Zealand atau Selandia Baru. Spot Foto yang ada beragam dan sangat bagus.

Baca Juga : 10+ Wisata Air Terjun di Malang Terbaik 2021

Utamanya, spot foto yang ada di objek wisata alami Goa Pinus Batu Malang ini memiliki gabungan unsur luar negeri dan pop serta keindahan alam asli di Indonesia. Mengakibatkan semua yang ada di sini cukup unik dan bisa berdiri sendiri memberikan anda pengalaman yang mengesankan untuk disimpan.

Mengitari Goa Pinus Batu Malang pada akhir hari mungkin akan lebih lengkap apabila anda mengakhiri hari dengan makan sate kelinci yang tersedia di sekitar sana. Setelah lelah berfoto dan menenangkan diri, makan daging yang lezat merupakan santapan tepat untuk mengakhiri wisata anda.

Check Also

gamplang studio alam

Lokasi dan Tiket Masuk Wisata Gamplong Studio Alam

Yogyakarta termasuk salah satu kota yang banyak dikunjungi para wisatawan. Baik itu warga Indonesia sendiri …