Makanan Khas Pekanbaru: Nikmatnya Wisata Kuliner di Kota Bertuah

Hello pembaca setia, kali ini kita akan membahas tentang makanan khas Pekanbaru, salah satu kota metropolitan di Pulau Sumatera. Pekanbaru dikenal sebagai kota bertuah yang memiliki kekayaan budaya yang melimpah, termasuk dalam hal kuliner. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa hidangan khas Pekanbaru yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Lontong Balap

Salah satu makanan khas Pekanbaru yang wajib dicoba adalah Lontong Balap. Kuliner yang satu ini terdiri dari bahan dasar lontong, taoge, lentho, dan sambalnya yang super pedas. Penjual lontong balap biasanya mangkal di pinggir jalan atau pasar tradisional. Tak hanya di Pekanbaru, Lontong Balap juga terkenal di beberapa daerah tetangga seperti Riau dan Jambi. Untuk membuat lontong balap sendiri, siapkan bahan-bahan seperti lontong, taoge, lentho, bawang goreng, dan sambal terasi. Pertama-tama, rebus lontong hingga empuk. Sambil menunggu lontong matang, tumis bawang goreng dan sambal terasi hingga harum. Setelah itu, masukkan taoge dan lentho ke dalam tumisan tersebut dan aduk rata. Setelah bahan-bahan tercampur dengan baik, tinggal sajikan lontong balap di atas daun pisang dan beri sambal di atasnya.

Sate Padang

Makanan khas Pekanbaru yang tak kalah populer adalah Sate Padang. Kebanyakan restoran atau penjual sate biasanya menggunakan bahan dasar daging sapi atau kambing. Akan tetapi, pada Sate Padang, bahan daging yang digunakan adalah jeroan seperti hati, babat, dan usus. Sate Padang juga memiliki bumbu kacang yang khas dan berbeda dengan sate pada umumnya. Untuk membuat Sate Padang sendiri, siapkan bahan seperti jeroan sapi, bawang merah, bawang putih, kacang tanah, ketumbar, garam, dan gula merah. Pertama-tama, cuci bersih jeroan sapi dan rebus hingga matang. Selanjutnya, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan kacang tanah, ketumbar, garam, dan gula merah ke dalam tumisan tersebut dan aduk rata. Haluskan bumbu kacang yang sudah dibuat, kemudian celupkan jeroan sapi yang sudah dimasak ke dalam bumbu tersebut. Terakhir, panggang jeroan sapi di atas bara api hingga matang.

Mie Lendir

Mie Lendir adalah makanan khas Pekanbaru yang mengandalkan tekstur kenyal dari mie yang digunakan. Mie yang digunakan pada mie lendir terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung kanji. Selain itu, mie lendir juga disajikan dengan kuah kaldu kental yang menggunakan bahan dasar daging sapi atau ayam. Untuk membuat Mie Lendir sendiri, siapkan bahan seperti mie lendir, daging sapi/ayam, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan daun bawang. Pertama-tama, rebus mie lendir hingga matang. Selanjutnya, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan daging sapi/ayam, cabai rawit, dan air ke dalam tumisan tersebut dan biarkan hingga matang. Jika sudah matang, sajikan mie lendir di atas mangkuk dan siram dengan kuah kaldu. Beri taburan daun bawang di atasnya untuk menambah aroma dan rasa.

Sop Tulang

Sop Tulang adalah hidangan khas Pekanbaru yang menggunakan tulang sapi sebagai bahan dasar utamanya. Kuah sop yang disajikan sangat kental dan gurih, sehingga cocok dijadikan menu utama pada saat berbuka puasa atau makan malam. Untuk membuat Sop Tulang sendiri, siapkan bahan seperti tulang sapi, bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, air, dan garam. Pertama-tama, rebus tulang sapi hingga matang. Selanjutnya, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan serai, daun salam, dan air ke dalam tumisan tersebut dan biarkan hingga matang. Jika sudah matang, ambil tulang sapi yang sudah dimasak dan taruh di dalam mangkuk. Siram dengan kuah sop yang sudah dibuat, dan sajikan bersama dengan nasi putih hangat.

Kesimpulan

Itulah beberapa makanan khas Pekanbaru yang wajib dicoba ketika berkunjung ke kota ini. Selain itu, ada juga beberapa hidangan lain seperti Gulai Ikan Patin dan Nasi Goreng Rempah yang tidak kalah enak. Bagaimana, apakah Anda sudah siap untuk mencicipi kuliner-kuliner khas Pekanbaru ini? Selamat mencoba!Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Check Also

Tempat Bukber di Jogja

10 Tempat Bukber di Jogja yang Asik dan Lezat

Selamat datang, pembaca setia! Kini, bulan Ramadan telah tiba dan tentunya kita semua menanti moment …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *