Tempat Wisata Dekat Alun-Alun Kota Wisata Batu

Menemukan Keindahan Malam di Alun-Alun Kota Wisata Batu – Pandemi dan penyebaran Covid serta PPKM yang semakin panjang terus-terusan membuat kita jenuh dan bosan. Kini rumah dan tempat kerja sudah seperti tidak ada bedanya lagi karena kita bekerja di rumah.

Tentu dengan beberapa berita mengenai pembukaan tempat-tempat seperti di Blitar, dan menurunnya kasus kematian serta kasus baru COVID membawa harapan baru bagi turis dan industri pariwisata. Hal ini utamanya baik untuk wisata dalam negeri yang sudah berdarah-darah semenjak 2020.

Salah satu tempat yang akan menjadi titik panas alias banyak dicari oleh orang tentunya adalah Jawa Timur. Utamanya kota Malang dan Surabaya. Malang sendiri memiliki tempat yang banyak menawarkan hiburan baik edukatif, spiritual, maupun menyajikan pengalaman seperti di Alun-Alun Kota Wisata Batu.

Baca Juga : 10+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Batu Terbaik 2021

Bagi anda yang ingin berkunjung dan menikmati malam di Malang, maka alun-alun ini merupakan objek wisata yang tentunya tak bisa anda lepaskan. Intinya adalah wajib dan akan terasa sangat kurang apabila anda datang ke Malang tapi tidak berkunjung dan menikmati alun-alun.

Alun-Alun merupakan ungkapan Bahasa Indonesia untuk halaman besar di depan rumah. Namun konteks pembicaraan kita sekarang di masa 2020an mengacu pada lapangan besar yang memiliki berbagai fungsi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Contohnya Alun-Alun Kota Wisata Batu.

Apa itu Alun-Alun?

Image Name

Bila di Jawa Tengah anda mungkin lebih familiar dengan alun-alun sebagai halaman depan Keraton Ngayogyakarta, maka di Malang anda akan menemukan hal yang sedikit berbeda. Malang memiliki berbagai tempat yang lebih bersifat modern dan sarat dengan hiburan daripada tradisi.

Trending:  10+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Batu Terbaik 2022

Perbedaan ini misalnya dilihat di Beringin Kembar di alun-alun Ngayogyakarta. Sementara Alun-Alun Kota Wisata Batu punya Bianglala Alun-Alun Batu. Mereka juga lebih aktif di malam hari sebagai tempat membangun solidaritas serta melepas penat bagi orang-orang di sekitar Malang.

Hal ini merupakan metamorfosis atau perubahan berkala dari makna alun-alun. Ketika alun-alun tradisional digunakan sebagai simbol hidup tanpa tepi yang kadang juga sakral untuk upacara tertentu, alun-alun modern lebih digunakan untuk memfasilitasi kehidupan bersama.

Tempat Wisata Dekat Alun-Alun Kota Wisata Batu

Percaya atau tidak, Malang sangat disukai oleh para penduduk Belanda dari zaman dahulu. Ini karea selain Alun-Alun Kota Wisata Batu yang berada di daerah sana, iklim yang cukup dingin karena terletak di dataran tinggi juga cocok dengan kondisi orang Eropa yang terbiasa lebih dingin.

Hal ini tentu juga populer sampai sekarang. Misalnya ada Jawa Timur Park yang memberikan banyak hiburan edukatif dan sangat menarik. Ada juga Rumah Bagong yang mengajak anak-anak serta orang dewasa untuk memahami isi tubuh manusia. Ada juga hotel Safari yang masuk status premium.

Selain itu, tak lupa Alun-Alun Kota Wisata Batu dikelilingi oleh atraksi seperti Bianglala yang memungkinkan anda melihat berbagai hal yang indah. Serta banyak sekali restoran dan Café yang dapat mengajak anda mengalami makan malam yang lezat dan tentunya romantis dan tak terlupakan.

Baca Juga : 10+ Wisata Air Terjun di Malang Terbaik 2021

Kota Batu sendiri juga dekat dengan Batu Night Spectacular – Atraksi wisata di Batu dekat alun-alun. Mereka memberikan beberapa pilihan hiburan dan permainan baik untuk dewasa serta anak-anak. Bisa dibilang Kota Batu sendiri tidak akan pernah kehabisan hiburan apapun.

Image Name

1. Jawa Timur Park

Sebelumnya sudah dibahas bahwa Jawa Timur Park alias Jatim Park merupakan atraksi besar yang ada di kota Batu. Tidak terlalu jauh dari Alun-Alun Kota Wisata Batu, kita bisa menemukan kompleks wisata yang besar ini. Mereka sendiri terbagi dari beberapa namun yang populer tentu Jatim Park 1&2.

Trending:  Wisata Keren Goa Pinus Batu Malang 2021

Di Jatim Park 1, anda bisa berwisata sambil mendalami ilmu-ilmu baik sosial maupun sains. Anda bisa menjelajahi bagaimana Nusantara terbentuk, patung-patung dan kehidupan masa batu besar (neolitikum) hingga perkembangan sains oleh Kelvin dan Einstein.

Seperti Alun-Alun Kota Wisata Batu, mereka juga memiliki bianglala dan kolam renang yang cukup besar. Di kolam renang ini kita bisa menikmati arus dari sungai malas dan melihat pemandangan maupun menanjak berbagai atraksi lain yang cukup mencengangkan namun bermakna dalam.

2. Rumah Bagong

Rumah ini sebenarnya merupakan bagian tubuh Bagong. Maksudnya, ia seakan-akan mengajak kita masuk ke tubuh tokoh nusantara ini dan mempelajari beragam bagian tubuh kita. Wisata ini merupakan tempat yang interaktif jadi anda bisa belajar sambil menyentuh dan bermain.

Lokasi yang juga terletak tak jauh dari Alun-Alun Kota Wisata Batu  ini memang cukup menarik. Ia sendiri memiliki banyak ruang naik dan turun yang didesain seperti tubuh manusia asli dan akan terus memberikan wisata edukasi dalam konteks biologi.

Anda juga diperkenalkan dan diperlihatkan dengan berbagai macam bagian tubuh yang sakit dan bakteri. Bila anda brusia lebih dari 18 tahun maka anda bisa mengakses atau ikut masuk ke dalam bagian dimana anda diperlihatkan tubuh manusia asli yang telah wafat. Disini mereka diobservasi.

3. Batu Night Spectacular

Kerap disebut sebagai BNS, lokasi atraksi wisata di Kota Batu ini merupakan taman ria dan hiburan yang mungkin lebih cocok untuk kaum muda dan anak-anak. Ia dekat sekali dengan Alun-Alun Kota Wisata Batu dan merupakan tempat yang sangat dicari orang utamanya di waktu malam.

Hal ini disebabkan karena pemandangan dan lokasi yang unik. Anda bisa melihat jelas ke kota Surabaya di waktu malam dan menatap keindahan landskap yang disajikan. Selain itu terdapat pula bianglala dan juga permainan dan pasar malam yang membuat pengalaman semakin lengkap.

Trending:  Wisata Taman Langit Gunung Banyak Batu Malang 2021

4. Popok Bawang Resto & Café

Mungkin anda datang ke Alun-Alun Kota Wisata Batu mencari pengalaman yang romantic bersama pasangan. Kota Batu memiliki beragam restoran dan juga tempat bersantap dan bersantai yang dapat memantik gelora asmara anda baik dulu maupun sekarang.

Restoran ini merupakan salah satu restoran terbaik di kota Batu. Menu yang disediakan tentu merupakan rasa lokal yang sudah menjadi tradisi makanan jawa timur maupun western.  Namun yang paling menggugah rasa adalah pemandangan dan lokasi serta arsitektur yang sangat baik.

Image Name

Anda bisa melihat Alun-Alun Kota Wisata Batu dan landskap pemandangan yang indah. Pengalaman makan disini tentu akan menambah kenangan baik anda tentang berwisata di Batu. Makanan yang lezat ditambah berbagai tambahan lain yang mendukung akan membuat anda semakin terkesan.

Baca Juga : 9 Wisata Malam di Batu Malang yang Unik dan Menarik

Tidak hanya restoran, apabila anda hanya senggang untuk beristirahat maka anda boleh mampir ke café milik Popok Bawang. Menyediakan kopi dari biji asli dan beragam minuman lain seperti cokelat dan juga soda. Anda bisa beristirahat dan bercakap bersama teman-teman untuk menghabiskan waktu.

Alun-Alun Kota Wisata Batu sendiri memiliki banyak atraksi baik bianglala maupun kedai-kedai di sekitar yang akan membuat pengalaman anda semakin berkesan. Berlibur di Kota Batu dan Malang merupakan keputusan yang tepat dan akan berkesan sepanjang hidup anda.

Check Also

gamplang studio alam

Lokasi dan Tiket Masuk Wisata Gamplong Studio Alam

Yogyakarta termasuk salah satu kota yang banyak dikunjungi para wisatawan. Baik itu warga Indonesia sendiri …