10+ Wisata Air Terjun di Malang Terbaik 2022

Malang memang pusatnya tempat wisata alam, termauk wisata air terjun. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata air terjun di Malang karena memiliki pemandangan yang indah dan udaranya yang sejuk.

Tidak hanya itu, air terjun di Malang berbeda dengan air terjun lainnya karena memiliki fasilitas yang lengkap serta spot foto yang kekinian. Hal inilah yang membuat banyak wisatawan mulai dari dari kaum muda hingga dewasa yang berkunjung ke berbagai air terjun di Malang.

Baca Juga : 10+ Rekomendasi Tempat Wisata di Malang Batu Terbaik 2021

Nah, buat kamu yang ingin berkunjung ke tempat wisata air terjun di Malang, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Coban Rondo

Image Name

Rekomendasi wisata air terjun di Malang yang pertama yaitu Coban Rondo. Coban ini sudah lama hadir di Malang dan menjadi salah satuu wisata air terjun yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, khususnya ketika hari libur nasional atau akhir pekan.

Coban Rondo berlokasi di Pujon dan memiliki ketinggian 84 meter. Selain menawarkan keindahan air terjun, tempat wisata ini juga memiliki wahana menarik lainnya, seperti rafting, labirin, memanah, dan masih banyak lainnya.

Ada juga jajanan kuliner yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke sini. Tak lupa juga oleh-oleh khas Malang yang bisa kamu beli di sini

2. Coban Talun

Image Name

Baca juga : Air Terjun Indah Coban Talun Malang Batu

Coban Talun merupakan salah satu tempat wisata air terjun di Malang yang kekinian. Tempat wisata ini memiliki banyak sekali spot foto dan objek wisata di dalamnya, seperti taman bunga, resort model perkampungan suku Apache, rafting, camp ground dan masih banyak lainnya.

Trending:  Air Terjun Indah Coban Talun Malang Batu

Coban Talun berlokasi di Desa Tulungrejo, Batu. Agar bisa sampai ke air terjun, kamu harus melewati hutan pinus dan menuruni lembah. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 75 meter yang menciptakan pemandangan yang indah.

3. Coban Jahe

Image Name

Rekomendasi tempat wisata air terjun di Malang lainnya yang bisa kamu coba yaitu Coban Jahe. Coban jahe berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Jabung, Kab. Malang ini memiliki pemandangan yang sangat indah.  

Kamu juga tidak perlu bersusah payah menuju ke coban ini karena air terjunnya sudah terlihat dari lokasi parkir.  Jadi, kamu hanya perlu melewati jalan sekitar yang sudah bagus 1 menit dengan bunga yang tertata rapi di sepanjang jalannya.

4. Coban Siuk

Image Name

Kalau kamu berkunjung ke Coban Jahe, maka tidak ada salahnya mengunjungi Coban Siuk. Pasalnya, jarak kedua coban tersebut berkedatan dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan dari Coban Jahe.

Biasanya, orang-orang menyebut akses jalan untuk ke Coban Siuk seperti jalan menuju Bromo lewat nongko jajar. Maksudnya adalah jalannya berkelok-kelok dan juga menanjak. Namun, jalan menuju Coban Siuk ini memilih panorama alam yang sangat indah.

Kamu bisa memilih Coban Siuk sebagai pilihan tempat wisata untuk bersantai dan keluar sejenak dari rutinitas sehari-hari.

5. Coban Rais

Image Name

Coban Rais adalah wisata air terjun di Malang yang cocok untuk kalian yang suka bertualang menjelajah alam. Pasalnya, kamu perlu berjalan kaki sekitar 1 jam dari tempat parkir untuk sampai ke lokasi air terjun.

Tapi, kamu tidak perlu takut tersesat karena di sepanjang rute perjalanan sudah tersedia banyak papan petunjuk. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama, kamu tidak akan menyesal karena sepanjang perjalanan akan disuguhi dengan pemandangan aliran sungai.

Trending:  Restoran Murah Untuk Rombongan di batu malang

Selain itu, ada juga spot tertentu yang penuh dengan kupu-kupu. Pemandangan ini tentu tidak dapat kamu temukan di tempat lain. Jika berkunjung kesini, jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang cukup tebal karena suhu sekitar air terjun yang dingin.

6. Sumber Pitu

Image Name

Seperti namanya, wisata air terjun di Malang ini tidak hanya memiliki satu sumber air terjun, melainkan tujuh sumber air terjun. Perlu kamu ketahui bahwa pitu berarti tujuh dalam Bahasa Indonesia. Untuk mencapai air terjun ini, kamu masih perlu berjalan kaki sekitar 90 menit.

Akses menuju air terjun ini juga tidaklah mudah, apalagi ketika musim hujan karena jalannya menjadi licin dan berlumpur. Jadi, sebaiknya jangan berkunjung ketika musim hujan, ya.

Tapi, semua perjuangan kamu ketika berjalan kaki 90 menit akan terbayar dengan indahnya pemandangan dari Coban Pitu yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain. Lokasi Sumber Pitu yaitu ada di Pujon, Malang.

7. Coban Kodok

Image Name

Mungkin wisata air terjun di Malang ini tidak terlalu terkenal seperti air terjun yang sudah disebutkan sebelumnya. Hal ini karena Coban Kodok merupakan wisata air terjun yang terbilang masih tersembunyi.

Untuk lokasinya, air terjun ini tidak jauh dari Sumber Pitu atau sekitar 330 menit jika menggunakan kendaraan. Kamu perlu bertanya kepada warga sekitar jika ingin mengunjungi Coban Kodok karena belum ada petunjuk arah untuk menuju ke sini.

8. Banyu Anjlok

Image Name

Dalam Bahasa Indonesia Banyu Anjlokberarti air jatuh. Wisata air terjun di Malang ini memang berbeda dari air terjun kebanyakan, karena letaknya berada di pantai. Oleh karena itu, air terjun ini merupakan  pertemuan air tawar dengan air asin dengan cara unik dan  tak biasa.

Trending:  5 Kuliner Malang Legendaris Yang Terkenal Enak

Banyu Anjlok berlokasi di Lenggoksono, Tirtoyudo, Malang. Untuk mengunjungi air terjun ini, kamu bisa menggunakan dua cara. Pertama, kamu bisa menyewa perahu kepada nelayan dari Pantai Lenggoksono.

Kedua, kamu bisa mengunjungi air terjun ini dengan berjalan kaki sekitar 30 menit melewati jalan setapak. Jika kamu ingin melewati menggunakan sepeda motor, ini tidak direkomendasikankarena di sebelah kiri jalan langsung berhadapan langsung dengan jurang.

9. Coban Sewu

Image Name

Coban Sewu berarti seribu air terjun. Pasalnya, coban ini memiliki banyak sekali aliran air dalam satu tempat yang membentuk air terjun. Pemandangan dari air terjun ini sangat indah dan tentunya akan memanjakan mata kamu.

Untuk lokasinya, airt terjun ini berada di perbatasan antara Malang dan Lumajang. Oleh karena itu, air terjun ini juga memiliki dua nama. Coba Sewu untuk pintu masuk dari Malang dan Tumpak Sewu untuk pintu masuk dari Lumajang.

Jalan untuk menuju air terjun ini adalah tangga-tangga yang terbuat dari bambu hasil buatan warga sekitar. Kamu juga harus selalu hati-hati ketika menuruni tangga-tanggan ini.

Kamu juga tetap bisa menikmati keindahan air terjun dari atas sambil menikamti makanan di warung-warung di sekitar.

10. Coban Pelangi

Image Name

Daftar wisata air terjun di Malang yang terakhir yaitu Coban Pelangi. Air terjun ini bernama Coban Pelangi karena kamu akan menemukan pelangi di air terjun ini jika beruntung.

Buat kamu yang merupaka pendaki Gunung Semeru, maka tidak akan asing lagi dengan coban satu ini karena tempatnya yang searah dengan rute menuju Ranu Pani. Kamu juga harus berjalan sekitar 30 menit untuk menuju ke air terjun.

Nah, itulah deretan rekomendasi wisata coban atau air terjun di Malang yang bisa kamu kunjungi. Selamat berlibur, ya!

Check Also

gamplang studio alam

Lokasi dan Tiket Masuk Wisata Gamplong Studio Alam

Yogyakarta termasuk salah satu kota yang banyak dikunjungi para wisatawan. Baik itu warga Indonesia sendiri …