Grojogan Watu Purbo, Air Terjun Keren dan Instagramable

Menikmati pesonanya Grojogan Watu Purbo memang sangat menyenangkan. Airnya yang jernih dengan pemandangan eksotik, membuat siapapun akan merasa takjub. Apalagi air terjunnya memiliki keunikan dibandingkan air terjun lainnya. Yaitu memiliki 6 tingkat.

Baca Juga : Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2021

Tempat wisata tersebut menjadi viral baru-baru ini. Bukan hanya tempatnya yang memukau, tapi sangat cantik dan cocok bagi Instagramable. Bagi yang tertarik untuk berwisata ke tempat Grojogan, ikuti segala informasinya berikut ini.

Keindahan Grojogan Watu Purbo yang Harus Diketahui

Image Name

Wisata Grojogan Watu Purbo baru menjadi viral sekitar satu tahun terakhir. Air terjun tersebut baru menjadi pembicaraan sejak tahun 2019. Ingin pergi menikmati wisata air Grojogan, ikuti penjelasannya secara lengkap di bawah ini.

Yogyakarta bukan hanya terkenal dengan sebutan Kota Pendidikan saja, namun kota tersebut juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan eksotik. Salah satunya adalah Grojogan Watu Purbo.

Lokasi Wisata Grojogan Watu Purbo

Lokasi objek wisata tersebut terletak di Desa Bangunrejo, Merdikorejo, dan termasuk dalam Kecamatan Tempel, Sleman. Akses menuju tempat wisata Grojogan juga termasuk mudah. Apalagi membawa kendaraan pribadi bisa langsung ke lokasi air terjun.

Sayangnya belum ada kendaraan umum yang menuju lokasi wisata Grojogan. Padahal, tidak sedikit wisatawan yang datang setiap hari. Agar lebih hemat, silahkan datang secara rombongan dengan menyewa kendaraan.

Tidak sulit untuk mencapai objek wisata air terjun Grojogan. Letak tempat wisata tersebut di Desa Bangunrejo. Sehingga banyak yang mengatakan bahwa bahwa air terjun tersebut bernama Grojogan Watu Purbo Bangunrejo.

Setiap wisatawan bisa mengakses tempat wisata tersebut dari jalan Magelang. Ikuti jalan tersebut sampai lampu merah Tempel. Lanjutkan berbelok ke utara sampai di tempat Desa Merdikorejo.

Trending:  Tumpeng Menoreh, Wisata Terbaru Di Kulon Progo Yang Wajib Dikunjungi

Di Desa Merdikorejo sudah ada papan petunjuk untuk menuju objek wisata Grojogan. Dari sana setiap wisatawan menempuh sekitar 700 meter agar sampai di lokasi air terjun. Meskipun belum diaspal, jalannya sudah termasuk halus.

Keindahan objek wisata Grojogan

Tidak ada yang mengetahui bahwa air terjun tersebut bukanlah air terjun alami. Awalnya air terjun tersebut dibuat untuk mengatasi aliran lahar ketika Gunung Merapi erupsi.

Namun, keindahan air terjunnya yang memiliki 6 tingkat membuat berbeda dengan objek wisata lainnya. Apalagi terdapat beberapa batu besar yang tidak diketahui dari mana asalnya, menambah eksotik pemandangan.

Selain itu, ada beberapa tempat yang memiliki spot yang menarik untuk swafoto. Bukan hanya itu saja, jika beruntung mendapatkan cuaca cerah ketika berkunjung, bisa melihat pemandangan Gunung Merbabu dan Merapi.

Perpaduan antara batu besar di sekitar air terjun dan memiliki aliran yang tidak terlalu deras, membuat objek wisata tersebut sangat indah. Tidak sedikit wisatawan yang mengatakan bahwa Grojogan Watu Purbo memiliki keindahan yang Instagramable.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Image Name

Objek wisata Grojogan Watu Purbo termasuk tempat wisata yang baru diviralkan. Sehingga setiap pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya tiket untuk masuk. Tidak ada biaya retribusi sama sekali. Namun, ada harga untuk tiket parkir kendaraan.

Adapun harganya tergantung besar kecilnya kendaraan. Harga tiket parkir roda dua sekitar 5 ribu rupiah. Sedangkan mobil sebesar 10 ribu. Harga tiket parkir untuk bus kecil lebih mahal, yakni sebesar 30 ribu. Adapun bus besar diberi harga 50 ribu.

Baca Juga : Tumpeng Menoreh, Wisata Terbaru Di Kulon Progo Yang Wajib Dikunjungi

Supaya mempermudah setiap pengunjung parkir, maka lokasinya tidak jauh dari tempat wisata. Letaknya ada di sebelah timur lokasi wisata Grojogan. Lokasi tersebut nantinya aķan dibangun zona camping ground dengan luas sekitar 4000 meter.

Trending:  Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2022

Jarak antara lokasi parkir dengan objek wisata sekitar 50 meter. Sehingga hanya perlu jalan kaki yang tidak begitu jauh.

Fasilitas Yang Tersedia

Air terjun Grojogan Watu Purbo merupakan salah satu objek wisata yang baru-baru ini menjadi viral. Oleh sebab itu, tempat wisata tersebut masih dalam tahap pengembangan.

Ada beberapa fasilitas yang dibangun untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung. Seperti toilet yang masih ada dua, ada juga gazebo dua buah, dan pendopo.

Walaupun sarana yang tersedia masih belum lengkap. Tapi tidak menyurutkan jumlah wisata yang datang. Ada berbagai alasan wisatawan yang datang ke air terjun Grojogan. Selain melihat indahnya air terjun, tidak sedikit yang tertarik akan keindahan alamnya.

Bukan hanya tersedia tempat parkir saja, ada juga lokasi tempat singgahnya pesepeda. Ada pula tempat swafoto yang menarik, juga tempat berenang bagi pengunjung yang menginginkan merasakan kesegaran airnya.

Jangan khawatir bagi semua penganut agama Islam, karena di tempat wisata Grojogan sudah terdapat masjid baru yang bernama Al Barokah. Letaknya masih termasuk komplek wisata.

Tidak lengkap jika pergi wisata tanpa membawa buah tangan khas. Tenang saja karena setiap wisatawan bisa berbelanja di sentra UMKM yang memiliki fasilitas pembayaran non tunai.

Meskipun dalam keadaan pandemi, setiap wisatawan yang datang wajib mengikuti protokol kesehatan. Terbukti sudah ada tempat cuci tangan yang sudah tersedia di sentra UMKM dengan jumlah 5 buah.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan

Ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata Grojogan Watu Purbo. Bahkan diantaranya sangat menarik. Seperti menikmati pemandangan dengan jelas Gunung Merapi.

Pemandangan khas tersebut tidak akan bisa dinikmati di tempat lainnya. Ada juga taman bunga yang asri dan indah. Tempat tersebut sangat tepat untuk swafoto bersama teman atau keluarga.

Trending:  Puncak Sosok, Objek Wisata Malam Keren di Jogja

Selain taman, ada juga tempat bermain air. Jika dari awal memiliki niat bermain air, disarankan untuk membawa baju ganti. Tujuannya supaya tidak repot ketika pulang. Tenang saja, sudah ada toilet yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

Jika kelaparan, sudah ada berbagai macam jualan makanan yang tersedia. Baik itu makanan ringan atau berat. Semua masyarakat sekitar yang menjadi penjual semua makanan tersebut.

Selama berkunjung ke tempat wisata Grojogan Watu Purbo, sebaiknya mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh masyarakat sekitar. Gunakan secara bijak semua fasilitas, seperti membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, tidak merusak atau mengotori objek wisata tersebut merupakan hal yang harus dilakukan.  Supaya objek wisata Grojogan masih bisa tetap dikunjungi setiap harinya oleh wisatawan.

Spot foto Keren dan Instagramable

Image Name

Objek wisata air terjun Grojogan Watu Purbo yang memiliki 6 tingkat. Merupakan salah satu hal yang menarik bagi wisatawan yang datang. Setiap sudutnya bisa menjadi tempat selfie yang menarik.

Bahkan setiap wisatawan bisa mengeksplorasi setiap tingkatan air terjunnya, dan mengabadikannya lewat foto. Bukan hanya itu saja, melihat keindahan dari batuan besar yang terletak di bawah air terjun bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga : Puncak Sosok, Objek Wisata Malam Keren di Jogja

Tidak sedikit wisatawan yang mengambil swafoto di atas batu besar tersebut. Bahkan menjadi spot favorit untuk berswafoto yang instagramable. Bukan hanya air terjunnya saja, taman di sampingnya juga cocok digunakan untuk berswafoto.

Demikian ulasan lengkap tentang objek wisata Grojogan Watu Purbo. Tempat wisata tersebut merupakan salah satu alternatif wisata yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi wisatawan yang sangat menyukai pemandangan eksotik. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2022-07-18 12:17:43.

Gambar keindahan air terjun watu purbo-

Check Also

Plengkung pitu Klaten Wisata Baru Jogja

Plengkung Pitu Klaten, Destinasi Wisata Baru Di Klaten Wajib Dicoba

Masa Penjajahan Belanda berlangsung cukup lama di Tanah Air. Hal ini terbukti dengan banyaknya peninggalan …