Tumpeng Menoreh, Wisata Terbaru Di Kulon Progo Yang Wajib Dikunjungi

Sebelum merencanakan liburan ke Jogja, hal pertama yang sebaiknya perlu menjadi pertimbangan adalah tujuan destinasi wisata yang ingin kunjungi. Salah satunya adalah tempat wisata terbaru yang wajib dikunjungi adalah tumpeng Menoreh.

Baca Juga : Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2021

Destinasi wisata yang satu merupakan sebuah destinasi wisata yang tergolong masih baru, karena baru saja dibuka beberapa bulan ini. Tepatnya pada bulan Mei 2021 yang silam.

Mengenal Destinasi Wisata Tumpeng Menoreh

Image Name

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai destinasi wisata terbaru ini ada baiknya sekilas mengenal tentang destinasi wisata tumpeng Menoreh. Tempat ini merupakan salah satu pilihan obyek wisata yang terbaru yang wajib dikunjungi.

Sebenarnya tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata alam gunung kukusan yang menawarkan pemandangan alam dari ketinggian. Kawasan ini dikenal juga dengan nama bukit Menoreh.

Kemudian di kawasan perbukitan Menoreh ini dibangun sebuah restoran yang bangunannya berbentuk heksagonal seperti sebuah tumpeng. Restoran ini dbangun oleh seorang musisi bernama Erix Soekamto.

Restoran ini oleh pemiliknya diberi nama tumpeng Menoreh. Nama ini diambil dari perpaduan bentuk bukit seperti tumpeng sebagai view pemandangan restoran dengan nama tempat lokasi dibangunnya restoran yaitu bukit Menoreh.

Jadi tumpeng Menoreh ini sebenarnya merupakan sebuah tempat wisata kuliner yaitu sebuah restoran yang berada di kawasan perbukitan Menoreh. Restoran ini dibangun diatas ketinggian bukit Menoreh  950 meter dari permukaan laut.

Trending:  Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2022

Karena itu sangat disarankan bagi para pengunjung yang datang ke tempat wisata kuliner ini pada sore atau malam hari sebaiknya menggunakan baju hangat. Seperti jaket, sweater atau yang lainnya.

Berada di ketinggian perbukitan Menoreh ini seluas mata memandang yang terlihat di kawasan ini hanyalah pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Selain itu udara di sekitar tempat wisata kuliner ini sangat menyejukkan.

Keindahan pemandangan ini akan membuat para pengunjung enggan beranjak pergi dari restoran sekaligus tempat wisata ini. Karena itu tempat wisata kuliner ini menjadi salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi.

Berbagai Kelebihan Dari Tempat Wisata Kuliner Bukit Menoreh

Ada berbagai alasan kenapa tempat ini menjadi sebuah destinasi wisata yang layak dikunjungi. Salah satunya karena memiliki view pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan.

Bukan hanya itu tempat wisata ini memiliki ciri khas view pemandangan sebuah bukit yang bentuknya menyerupai sebuah tumpeng. Bukit ini kemudian menjadi sebuah ikon dari restoran yang juga sekaligus tempat wisata kuliner yang satu ini.

Kelebihan lainnya dari destinasi wisata tumpeng menoreh ini adalah memiliki view pemandangan deretan perbukitan yang hijau dan asri. Perpaduan dari gunung Merapi, Sindoro, Merbabu dan juga gunung Sumbing.

Dengan latar belakang deretan pemandangan perbukitan gunung gunung tersebut yang terlihat tampak berdekatan. Maka tempat ini sangat cocok untuk menikmati pemandangan saat matahari terbit dan juga terbenam.

Apalagi saat matahari mulai terbenam. Restoran ini dihiasi dengan berbagai lampu yang berwarna warni. Sehingga semakin menambah daya tarik dan pesona keindahan tempat wisata kuliner yang satu ini.

Fasilitas Yang Disediakan Di lokasi Wisata

Untuk memanjakan para pengunjung yang datang tempat wisata kuliner ini, pihak restoran menawarkan berbagai fasilitas dan juga kenyamanan full selama 24 jam. Sehingga para pengunjung akan merasa nyaman tidak perlu merasa tergesa gesa.

Trending:  Grojogan Watu Purbo, Air Terjun Keren dan Instagramable

Adapun berbagai fasilitas penunjang kenyamanan bagi para pengunjung yang disediakan adalah sebagai berikut. Yuk mari disimak, apa fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini.

  • Tempat tidur
  • Mushola
  • Stop kontak
  • Area smoking
  • Warung makan
  • Berbagai menu kuliner tradisional khas Jogjakarta

Kuliner Di Tempat Wisata Kuliner Bukit Menoreh

Image Name

Sebenarnya tempat wisata kuliner ini menyediakan berbagai jenis kuliner nusantara yang sederhana. Seperti nasi gudeg, nasi rawon, nasi pecel dan berbagai menu khas Jogja lainnya.

Baca Juga : Puncak Sosok, Objek Wisata Malam Keren di Jogja

Semua menu yang disediakan pasti akan membuat pengunjung merasa ketagihan. Meskipun menu yang tersedia ini tergolong sederhana namun tetap istimewa. Apalagi saat menikmatinya sambil menikmati keindahan alam perbukitan.

Hal Yang Bisa Dilakukan di Lokasi

Berkunjung ke tumpeng Menoreh ini para pengunjung dapat melakukan berbagai hal yang mengasyikan. Mulai dari sekedar duduk duduk untuk menikmati keindahan pemandangan alam hingga merasakan sejuknya udara pegunungan.

Selain itu para pengunjung juga dapat menikmati berbagai hidangan khas kota Yogyakarta yang selama ini sudah sangat populer dengan balutan suasana yang berbeda.

Bukan hanya itu para pengunjung juga dapat berfoto untuk mengabadikannya sebagai kenangan yang indah. Bisa juga berfoto selfie dari berbagai arah dengan view pemandangan yang semuanya sangat mempesona.

Lokasi Tempat Wisata Tumpeng Menoreh

Destinasi wisata kuliner tumpeng Menoreh ini lokasinya berada di sebuah kabupaten yang termasuk ke dalam wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Kulon Progo. Tepatnya berada di Sumbersari Pagerharjo Samigaluh.

Untuk akses jalan menuju ke tempat wisata kuliner tumpeng Menoreh ini sangat mudah. Para pengunjung tinggal mengikuti lurus ke arah jalan. Bila ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta perjalanan selama 1 jam 15 menit dengan kendaraan pribadi.

Jarak antara tempat wisata kuliner ini dengan pusat Kota Yogyakarta kurang lebih 36 km. Para pengunjung bisa juga mengakses jalan melalui Kota Magelang. Tetapi disarankan lebih baik melalui Kota Yogyakarta.

Trending:  Puncak Sosok, Objek Wisata Malam Keren di Jogja

Karena akses jalannya lebih besar dan juga cukup lebar sehingga akan lebih nyaman dalam menempuh perjalanan menuju ke tempat wisata kuliner tumpeng Menore baik menggunakan motor maupun mobil.

Harga Tiket Masuk Ke Lokasi Wisata Kuliner Bukit Menoreh

Image Name

Bagi para pengunjung yang ingin berlibur dan menikmati wisata kuliner di restoran  ini harga tiket masuk ke lokasinya sebesar Rp 50.000. harga tiket masuk ini sudah termasuk voucher untuk menikmati makanan dan minuman.

Baca Juga : Obelix Hills Sunset Terbaik Untuk Dinikmati Ketika di Yogyakarta

Tempat Wisata Lain Yang Dekat Dengan Wisata Kuliner Bukit Menoreh

Sambil berkunjung ke tempat wisata kuliner tumpeng Menoreh, sebenarnya banyak tempat wisata lain yang lokasinya berdekatan. Berikut ini ada beberapa lokasi wisata yang dapat sekaligus dikunjungi bersamaan.

1. Puncak Widosari

Tempat wisata lain yang dekat dekat tumpeng Menoreh yaitu puncak widosari. Tempat wisata ini lokasinya berada di ketinggian 1000 mdpl. Sehingga udaranya sangat dingin.

Untuk sampai ke tempat wisata ini para pengunjung harus melalui perjuangan dengan berjalan terlebih dahulu untuk melewati anak tangga. Sehingga para pengunjung harus mengeluarkan banyak tenaga.

2. Perkebunan Teh Nglinggo

Tempat wisata terdekat lainnya adalah perkebunan teh Nglinggo yang berada di ketinggian 800 mdpl dari permukaan laut. Untuk sampai ke lokasi wisata ini para pengunjung harus berjuang melewati jalanan terjal dan tikungan yang menanjak.

Kebun teh Nglinggo ini lokasinya berada di pegunungan Menoreh. Di tempat ini para pengunjung dapat menikmati hawa sejuk di antara hamparan hijaunya perkebunan teh yang sangat memukau.

Demikian informasi mengenai destinasi terbaru tumpeng Menoreh sebagai salah satu destinasi terbaru yang wajib dikunjungi. Terutama bagi yang ingin berlibur ke Jogja jangan lupa berkunjung juga ke tempat wisata kuliner yang satu ini.

Originally posted 2022-07-17 12:11:34.

Check Also

Plengkung pitu Klaten Wisata Baru Jogja

Plengkung Pitu Klaten, Destinasi Wisata Baru Di Klaten Wajib Dicoba

Masa Penjajahan Belanda berlangsung cukup lama di Tanah Air. Hal ini terbukti dengan banyaknya peninggalan …