Puncak Sosok, Objek Wisata Malam Keren di Jogja

Kota Yogyakarta memang dikenal dengan pesona keindahan alamnya yang memukau. Salah satu objek wisata alam yang tidak kalah menarik, yaitu Puncak Sosok.

Objek wisata yang terletak di sisi Selatan Yogyakarta ini, yaitu Kabupaten Bantul menawarkan panorama alam yang indah dari ketinggian.

Puncak Sosok mulai dibangun sejak Januari 2018 silam dan hingga kini telah dikunjungi oleh ratusan wisatawan. Pengunjung ramai datang pada sore hari saat akhir pekan.

Baca Juga : Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2021

Pengunjung menantikan hadirnya keindahan matahari terbenam. Selain itu juga pementasan akustik yang menambah suasana sore di tempat wisata ini semakin romantis.

Masyarakat setempat menyebut daerah ini dengan panggilan sosok. Itulah mengapa objek wisata ini disebut Puncak Sosok, yang memang letaknya pun berada di puncak.

Aktivitas Seru di Puncak Sosok

Image Name

Saat berkunjung ke Puncak Sosok, pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas menarik. Berikut ini beberapa aktivitas seru yang bisa pengunjung lakukan.

1. Menyantap Aneka Sajian

Saat berkunjung ke Puncak Sosok, pengunjung dapat menikmati berbagai aneka sajian lezat. Tempat wisata ini menyediakan fasilitas yang lengkap, salah satunya warung makan.

Terdapat aneka makanan dan minuman yang dapat dipesan sebagai teman santai menikmati keindahan panorama. Beberapa jenis makanannya, seperti siomay, tahu walik, bakso tusuk, sempol ayam, sate gajih, cilok crispy dan jagung bakar.

2. Berfoto di Spot Foto

Salah satu aktivitas seru yang banyak disukai kaum muda, yaitu berfoto selfie di spot-spot foto instagramable. Puncak Sosok menampilkan keindahan alam dari ketinggian yang begitu mempesona.

Trending:  10 Tempat Wisata Di Bali Yang Sudah Dibuka 2022

Baca Juga : Obelix Hills Sunset Terbaik Untuk Dinikmati Ketika di Yogyakarta

Sebuah kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jabal Kelor juga telah menambahkan ornamen untuk berfoto menjadi lebih menarik. Tersedia banyak lokasi swafoto di Puncak Sosok yang menarik.

Sediakan kamera terbaik untuk mengabadikan momen berfoto yang menyenangkan.

3. Menikmati Musik Akustik

Kegiatan seru lainnya yang bisa pengunjung nikmati, yaitu bersantai menikmati pementasan musik akustik. Pihak pengelola Puncak Sosok sudah menyediakan set sound, alat musik dan panggung terbuka. Sehingga siapa saja dapat tampil.

Pertunjukan akustik rutin diselenggarakan saat akhir pekan. Pada malam minggu, penampilan akustik berlangsung mulai dari sore hari sampai malam hari.

Lebih banyak wisatawan berkunjung saat malam hari, karena memang saat malam Puncak Sosok terlihat begitu menawan.

Bagi yang ingin menampilkan sebuah pertunjukkan akustik, dapat menghubungi pihak pengelola. Panggung juga dapat digunakan untuk pertunjukkan tari tradisional.

4. Mengambil Foto Malam

Bukan hanya momen matahari terbenam saja yang layak di foto. Di Puncak Sosok, suasana malamnya pun menampilkan keindahan yang memukau mata.

Cahaya lampu hias berpadu dengan gemerlap lampu kota Yogyakarta, menjadikan tempat ini begitu sempurna.

5. Nonton Bersama Pertandingan Sepak Bola

Saat ada pertandingan besar seperti Liga Champions atau piala dunia, objek wisata ini kerap mengadakan acara nonton bareng. Tentu, ini akan sangat menyenangkan bagi pecinta pertandingan sepak bola.

Pihak pengelola akan menghadirkan sebuah layar berukuran besar. Sehingga pengunjung yang datang dapat menikmati acara pertandingan.

6. Bersepeda

Di tempat wisata ini pengunjung juga bisa melakukan aktivitas ekstrim seperti bersepeda di track sepeda downhill. Bagi wisatawan yang hobi bersepeda, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Trending:  Tumpeng Menoreh, Wisata Terbaru Di Kulon Progo Yang Wajib Dikunjungi

Nah, itulah keenam aktivitas seru yang bisa pengunjung lakukan di objek wisata Jogjakarta ini.

Fasilitas yang Tersedia

Image Name

Objek Wisata Jogjakarta ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Pastinya akan menunjang kenyamanan pengunjung saat berada di sana.

Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di Puncak Sosok:

  • Gazebo yang nyaman.
  • Tempat duduk, berupa lesehan maupun kursi.
  • Sebuah aula.
  • Beragam spot foto selfie instagramable.
  • Pendopo.
  • Track sepeda downhill
  • Warung makan
  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet yang bersih dan nyaman
  • Camping ground dan outbound

Selain dari beberapa fasilitas di atas, tersedia pula panggung hiburan. Pengunjung bisa menyaksikan acara live music atau pun bernyanyi menghibur pengunjung lainnya.

Pastinya semua fasilitas tersebut akan membuat semua pengunjungnya merasa nyaman.

Cara Akses Lokasi Wisata

Lokasi Objek wisata Puncak Sosok terletak di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Bantul. Jika dari Kota Yogyakarta, jarak menuju lokasi sekitar 16 Kilometer. Perjalanan ke sana bisa ditempuh dalam waktu 45 menit.

Akses menuju objek wisata ini cukup mudah, datang saja langsung ke lokasi yang berada di sisi selatan Kota Yogyakarta, di Kabupaten Bantul.

Jarak tempuh untuk sampai kesana melalui perjalanan darat dari kota Yogyakarta sekitar 15 Kilometer.

Perjalanan dapat ditempuh menggunakan motor, sepedaan, mobil maupun minibus. Beberapa waktu lalu, telah dilakukan pembangunan jalan selebar 5 meter sepanjang 1 km.

Harga Tiket Masuk Puncak Sosok Jogja

Untuk saat ini, Puncak Sosok belum menerapkan adanya pembayaran tiket masuk. Berbeda dengan objek wisata lain yang sebagian besar ada harga tiket masuk.

Pengunjung yang datang bisa membayar dengan seikhlasnya. Siapa yang tidak tertarik dengan objek wisata sekeren ini dan bisa dimasuki hanya dengan harga tiket seikhlasnya.

Bagi pengunjung yang tertarik untuk berkunjung, bisa berkunjung setiap hari mulai pukul 05.00 sampai pukul 00.00 WIB. Pengunjung juga bisa menginap atau camping, tetapi harus izin kepada pengelola terlebih dahulu.

Trending:  Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2022

Objek Wisata Puncak Sosok Selama Pandemi

Image Name

Saat ini, hampir setiap tempat wisata Jogjakarta sudah mulai buka dan menerima kedatangan pengunjung. Meskipun begitu, pengunjung yang datang tetap harus menerapkan protokol kesehatan selama pandemi masih berlangsung.

Puncak Sosok merupakan salah satu objek wisata yang sudah menerima kedatangan pengunjung sejak beberapa waktu lalu. Tentunya pengunjung diwajibkan mengikuti protokol kesehatan selama berkunjung.

Baca Juga : Wisata Kuliner Baru, Lesung Cafe dan Resto Jogja

Pengunjung wajib menerapkan 3 M, yaitu Menggunakan masker, Mencuci tangan dengan sabun dan Menjaga jarak. Jadi, jika ingin berkunjung jangan lupa untuk membekali diri dengan berbagai keperluan kesehatan, seperti masker.

Itulah informasi dan ulasan mengenai objek wisata Puncak Sosok, objek wisata malam yang sangat diminati. Siapa yang bisa menolak jika diajak berlibur di tempat yang asri dan menyenangkan?

Tempat wisata ini terbilang unik, karena pengunjung bisa menikmati keindahannya, baik di waktu sore maupun malam hari. Selain itu, fasilitas yang tersedia juga sangat memadai dan cukup untuk membuat pengunjung merasa nyaman.

Akhir Kata

Objek wisata alam ini baru dibuka kembali sejak Agustus 2021 kemarin. Ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi para wisatawan yang rindu untuk berlibur.

Tidak ada salahnya sesekali memanjakan diri di tempat wisata alam asri seperti Puncak Sosok. Ajak teman, kerabat serta keluarga tercinta untuk berlibur dan merasakan kehangatan berkumpul bersama dalam momen yang menyenangkan.

Jangan lupa membawa kamera terbaik untuk hasil jepretan terbaik saat mengambil foto di malam hari. Agar momen berlibur bersama orang-orang tercinta semakin mengasyikan.

Semoga informasi objek wisata alam Puncak Sosok ini menjadi referensi liburan terbaik dan menyenangkan. Pastikan senantiasa mengikuti protokol kesehatan, agar liburan menjadi aman dan menyenangkan.

Originally posted 2022-07-16 12:10:23.

Check Also

Plengkung pitu Klaten Wisata Baru Jogja

Plengkung Pitu Klaten, Destinasi Wisata Baru Di Klaten Wajib Dicoba

Masa Penjajahan Belanda berlangsung cukup lama di Tanah Air. Hal ini terbukti dengan banyaknya peninggalan …