Plengkung Pitu Klaten, Destinasi Wisata Baru Di Klaten Wajib Dicoba

Masa Penjajahan Belanda berlangsung cukup lama di Tanah Air. Hal ini terbukti dengan banyaknya peninggalan kolonial Belanda yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satunya adalah jembatan unik yang bernama plengkung pitu Klaten.

Baca Juga : Inilah 10 Tempat Wisata Baru di Jogja 2021

Peninggalan kolonial Belanda yang satu ini merupakan sebuah saluran air dengan bentuk bangunan yang masih utuh. Tepatnya berada di Desa Sudimoro Kecamatan Tulung Kab Klaten, yang saat ini dikembangkan menjadi destinasi wisata baru.

Mengenal Destinasi Wisata Plengkung Pitu Klaten

Image Name

Sebelum lebih lanjut membahas tentang destinasi wisata baru di Kabupaten Klaten, ada baiknya sekilas mengenal tentang plengkung pitu Klaten. Salah satu peninggalan kolonial Belanda ini sebenarnya adalah merupakan sebuah jembatan.

1. Sejarah

Jembatan ini menjadi penghubung antara dusun Kempul dan dusun Beteng. Meskipun sangat sempit dan hanya dapat dilintasi kendaraan roda dua, jembatan plengkung selama ini digunakan masyarakat untuk menyeberangi sungai Kluban.

Jembatan ini kemudian dikenal masyarakat setempat dengan nama jembatan plengkung pitu. Artinya jembatan yang berdiri di atas tujuh lengkungan. Jembatan plengkung pitu ini dibuat  bersamaan dengan saluran irigasi di atas sungai Tangsi.

Jembatan ini merupakan saluran irigasi, posisinya berada di atas sungai Kluban. Jadi yang disebut dengan Plengkung pitu Klaten ini, sebenarnya lebih tepat kalau disebut sebagai talang air dari sebuah saluran irigasi yang melintasi sungai Kluban.

Peninggalan kolonial belanda yang satu ini keberadaannya tidak banyak diketahui banyak warga sekitar. Mungkin karena selama ini, tempat ini terkenal angker dan banyak tertutup rimbunnya pepohonan yang tumbuh liar di sekitar talang air ini.

Trending:  Viral! Inilah Wisata Heha Sky View Jogja 2021

2. Pengelolaan

Baru baru ini pemerintah Desa Setempat melakukan penataan lahan di sekitar talang air plengkung pitu. Pengembangan ini dilakukan diatas tanah seluas 2 hektar  menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Klaten.

Destinasi wisata ini kemudian diberi nama taman objek wisata kalimosodo karena obyek wisata ini dilintasi oleh sebuah kali yaitu kalimosodo. Di tempat wisata ini yang menjadi spot utamanya plengkung pitu Klaten yang dilengkapi umbul lerak.

Umbul lerak yang terdapat di sekitar plengkung pitu ini merupakan umbul atau sumber mata air dari alam yang cukup besar. Sumber mata air ini memiliki air yang sangat jernih dan juga menyegarkan.

Kedua spot ini menjadikan objek wisata kalimosodo semakin banyak dikunjungi wisatawan meskipun masih dalam tahap pengembangan. Terutama oleh masyarakat sekitar yang berada di daerah kabupaten Klaten.

Kenapa Anda Harus Ke Plengkung Pitu ?

Salah satu yang menjadi daya tarik tersendiri dari obyek wisata kalimosodo ini adalah keunikan dari spot utamanya yaitu plengkung pitu Klaten. Selain itu ada juga umbul atau sumber mata air alami yang cukup besar yang dikenal lerak.

Keunikan lain yang menjadi kelebihan dari destinasi wisata taman obyek wisata kalimosodo ini adalah aliran irigasi yang berada di atas sungai. Hal ini sungguh menjadi sebuah pemandangan unik yang jarang ada di tempat wisata lain.

Bukan hanya itu saja, view pemandangan di sekitar jembatan plengkung pitu ini juga sangat indah. Di sebelah selatan tempat ini akan terlihat hijaunya deretan pemandangan pegunungan Menoreh.

Baca Juga : Wisata Kuliner di Suwatu By Mil&Bay Jogja

Demikian juga dengan gunung Kunir dan puncak Suroloyo akan terlihat jelas dari tempat obyek wisata kalimosodo ini. Selain itu di atas jembatan plengkung pitu Klaten ini terlihat keindahan pemandangan hamparan bukit dan sawah yang luas. 

Selain berbagai kelebihan di atas, di tempat wisata ini mengalir sebuah kali alam yang sangat asri yaitu aliran kalimosodo. Para pengunjung dapat menikmatinya keindahannya namun bagi anak anak sebaiknya harus didampingi orang tua.

Trending:  Obelix Hills Sunset Terbaik Untuk Dinikmati Ketika di Yogyakarta

Lokasi Obyek wisata Kalimosodo

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat destinasi wisata taman kalimosodo untuk melihat keunikan plengkung pitu Klaten ini lokasinya sangat mudah ditemukan. Selain itu  hampir semua masyarakat sekitar mengetahuinya.

Lokasi obyek wisata kalimosodo ini berada di Kabupaten Klaten Provinsi Jawa Tengah. Tepatnya yaitu berada di sebuah lahan yang berada di sebelah selatan bangunan pemerintahan Desa Sudimoro Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten.

Lokasi Google Maps

Cara Akses Jalan Menuju Ke Kalimosodo

Image Name

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi taman obyek wisata kalimosodo akses jalan menuju ke tempat wisata ini sangat mudah. Jarak tempat wisata dengan Kota kecamatan Tulung sekitar 10 menit ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Sedangkan jarak tempat wisata dari Kota Kabupaten sekitar 17 km yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam perjalanan. Cara akses jalan menuju ke tempat lokasi wisata ini bila dari arah timur akan melewati desa Tulung.

Bila dari arah barat maka akan melewati Desa Kemiri. Sepanjang jalan kondisinya sudah diaspal dengan baik. Sebelah kiri dan kanan jalan dipenuhi deretan pepohonan yang rindang.

Fasilitas Yang Tersedia

Destinasi wisata taman kalimosodo ini selain memiliki spot plengkung pitu Klaten yang unik, juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Berbagai fasilitas ini disediakan khusus untuk kenyamanan  para pengunjung. Apa saja fasilitasnya, yuk disimak.

  • Kolam renang khusus untuk orang dewasa
  • Kolam renang untuk anak taman
  • Di sekitar taman obyek wisata disediakan banyak gazebo dengan ukuran kecil dan ada juga satu gazebo yang berukuran besar
  • Disediakan juga sebuah kolam untuk pengunjung yang ingin melakukan terapi ikan
  • Banyak ornamen patung sebagai spot pelengkap bagi para pengunjung yang ingin foto selfie
  • Disediakan juga mushola
  • Selain berbagai fasilitas tersebut, disediakan juga toilet
  • Fasilitas lainnya adalah lahan parkir untuk kendaraan pribadi atau rombongan

Hal Menarik Yang Dapat Dilakukan Di Tempat Wisata Ini

Saat berkunjung ke plengkung pitu Klaten ini banyak hal yang dapat dilakukan. Selain menikmati berbagai keindahan alam yang asri dan menyejukan pandangan pengunjung juga dapat berenang atau melakukan terapi ikan.

Trending:  Lokasi dan Tiket Masuk Wisata Gamplong Studio Alam

Bisa juga berfoto dengan memanfaatkan spot utama yang terdapat di taman wisata kalimosodo yaitu plengkung pitu. Spot foto di plengkung pitu ini sangat unik sebagai salah satu warisan peninggalan kolonial belanda.

Baca Juga : Viral! Inilah Wisata Heha Sky View Jogja 2021

Pengunjung juga bisa foto selfie dengan view sederetan hijaunya pemandangan pegunungan dan perbukitan. Pilihan view pemandangan untuk foto selfie lainnya adalah hamparan sawah yang berada di atas plengkung pitu.

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati kuliner yang disediakan di lokasi wisata. Bisa juga sekedar duduk duduk di gazebo sambil menikmati kesejukan suasana di sekitar tempat wisata ini yang penuh dengan rimbunnya pepohonan liar.

Harga Tiket Masuk Ke Lokasi Wisata

Image Name

Mengenai tiket masuk ke tempat wisata taman kalimosodo ini, untuk sementara sebenarnya para pengunjung belum dikenai tiket masuk ke lokasi wisata. Hal ini dikarenakan taman wisata kalimosodo belum diresmikan dan belum beroperasi.

Selain itu, saat ini taman obyek wisata plengkung pitu Klaten ini statusnya masih dalam pengembangan. Meskipun belum rampung seratus persen namun sebenarnya sudah layak untuk dikunjungi.

Hal ini yang membuat banyak masyarakat sekitar banyak yang berkunjung ke tempat wisata ini. Meski sekedar untuk berfoto atau melihat lihat pemandangan alam sekitar yang menyejukan.

Demikian informasi mengenai plengkung pitu Klaten yang merupakan salah satu destinasi wisata terbaru yang layak untuk dikunjungi. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata yang menarik bagi yang ingin berlibur.

Originally posted 2022-07-13 11:51:18.

plengkung pi- taman kalimosodo tulung- Wisata Boyolali- Taman Kalimosodo Tulung - Plengkung Pitu Klaten - Arti Kalimosodo - Kebon Gulo - Kalimosodo Boyolali - jembatn kalimosodo klaten- Htm Kalimosodo Tulung, Klaten - Wisata Sudimoro, Tulung Klaten -

Check Also

Tempat Wisata Baru di Jogja

Viral! Inilah Wisata Heha Sky View Jogja 2021

Mau menikmati keindahan kota Yogyakarta dengan asyik di HeHa Sky View. Tidak akan pernah bosan …