Eksotisnya Keindahan Air Terjun Kanto Lampo Bali

Meskipun masih terasa asing di telinga, namun keindahan Air Terjun Kanto Lampo ternyata cukup populer di kalangan turis mancanegara. Tidak heran bila objek wisata yang dibuka untuk publik pada 25 Juli 2015 ini cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Jika sedang mencari tempat wisata alternatif selain pantai di Bali, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Air Terjun Kanto Lampo. Di sini, wisatawan bisa menikmati keindahan panorama alam sekaligus bercengkrama dengan masyarakat sekitar.

Uniknya lagi, Air Terjun Kanto Lampo terletak di wilayah dataran rendah. Tingginya sendiri hanya sekitar 15 meter saja. Berbeda dengan sebagian besar air terjun lainnya yang biasanya berada di pegunungan.

Baca Juga : Padang Rumput Savana Tianyar, Jelajah Bali Rasa Afrika

Berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat, nama Kanto Lampo berasal dari nama pohon yang banyak tumbuh di sekitar sungai. Pohon tersebut memiliki buah unik yang bisa berubah warna mulai dari hijau, kuning, dan merah seiring waktu.

Kawasan wisata air terjun ini juga merupakan tempat suci atau Beji untuk mencari air suci atau lebih dikenal dengan Mendak Toya Ning. Biasanya air ini digunakan untuk kepentingan upacara Dewa Yadnya ataupun Pitra Yadnya.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kanto Lampo

Image Name

Bahkan ada beberapa tempat suci atau pelinggih yang dikeramatkan oleh warga desa. Selain itu, keunikan air terjun ini juga teretak pada sumber air yang berasal dari air dalam tanah dan saluran irigasi.

Air irigasi yang biasanya digunakan untuk mengairi subak ini meluap karena tersumbat akibat sedimentasi di bagian hilir. Ini juga menjadi awal mula terciptanya Air Terjun Kanto Lampo hingga sekarang.

Trending:  10 Tempat Wisata Di Bali Yang Sudah Dibuka 2022

Menariknya lagi, di seberang air terjun terdapat sebuah goa. Konon goa sepanjag 3 meter ini digunakan oleh pasukan Belanda sebagai tempat rahasia untuk berdiskusi dan menyusun rencana.

Selain itu juga ada sebuah pancuran yang airnya tidak perah berhenti mengalir, tidak jauh dari air terjun tersebut. Siapa saja bisa langsung meminum air tersebut tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Daya tarik air terjun ini juga terletak pada airnya yang jatuh tidak langsung menuju sungai tetapi menghantam bebatuan hitam terlebih dahulu. Bebatuan hitam ini terhampar dengan acak sehingga mencipratakn air yang jatuh ke segala sisi.

Permukaan dinding air terjun yang terjalin dari tumpukan batu yang berundak dan datar ini juga memungkinkan para wisatawan untuk duduk bersantai di bawah atau di bagian tengah air terjun untuk menikmati sensasi kesegaran air terjun.

Kecantikan wisata Air Terjun Kanto Lampo Bali juga diikuti oleh keindahan sungai yang berada di sekitarnya. Sungai tersebut dikelilingi tebing-tebing batu berselimut oleh lumut hijau yang semakin menambah pesona objek wisata yang satu ini.

Bukan hanya itu saja, pepohonan yang rindang di sekitarnya juga membuat suasana Air Terjun Kanto Lampo menjadi sejuk dan segar. Karena letaknya yang dekat dengan permukiman, air terjun ini juga dikelilingi perkebunan warga.

Aktivitas Bisa Dilakukan

Dengan segala keunikan dan keindahan yang ditawarkan, Air Terjun Kanto Lampo sangat pas bagi para pengunjung yang sedang beristirahat dan mencari kenyamanan juga ketenangan dari hiruk pikuk aktivitas sehari-hari.

Wisatawan bisa langsung berenang, atau sekedar bermain air dan menikmati kesegaran Air Terjun Kanto Lampo. Selain itu wisatawan juga bisa melakukan aktivitas memancing seperti yang biasanya dilakukan oleh warga desa sekitar.

Para wisatawan juga bisa mengabadikan momen mereka bersama dengan keluarga dan teman-teman dengan Air Terjun Kunto Lampo sebagai latar belakangnya, sembari melihat indahnya air terjun dari tempat duduk yang telah disediakan.

Trending:  10 Tempat Wisata Di Bali Yang Sudah Dibuka 2022

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas yang ada di tempat wisata yang satu ini juga terbilang cukup baik. Sudah ada ruang ganti bagi pengunjung, yang terpisah antara perempuan dan laki-laki, lengkap dengan bak air dari sumber mata air.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Bali Yang Sudah Dibuka 2021

Selain itu juga sudah tersedia toilet atau kamar mandi, serta area parkir yang cukup luas. Ada juga sebuah cafe dimana pengunjung bisa bersantai sembari makan siang atau sekedar menikmati kudapan ringan.

Lokasi Air Terjun Kanto Lampo Bali

Image Name

Air terjun Kanto Lampo terletak di wilayah Banjar Kelod Kangin, Desa Pakraman Beng, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Tempat ini berjarak sekitar 45 menit dari pusat Kota Denpasar dan sekitar sepuluh menit dari pusat Kota Gianyar.

Nyaris tidak ada angkutan umum di Bali. Kalaupun ada, sangat jarang. Karena itu, pengunjung bisa mengendarai sepeda motor atau mobil yang bisa disewa dengan tarif yang cukup murah. Motor biasanya Rp50.000 dan mobil Rp200.000 per hari.

Opsi lainnya, pengunjug bisa menggunakan ojek online jika tidak ingin berkendara sendiri. Bagi yang ingin menginap di sekitar daerah Gianyar, tidak perlu khawatir, karena ada banyak sekali opsi penginapan yang bisa disinggahi.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung bisa memilih tempat menginap yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Saat tiba di kawasan wisata Kanto Lampo, pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp15.000 untuk wisatawan domestik.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenai tarif sebesar Rp20.000. Yang perlu diperhatikan jarak antara parkiran dengan air terjun cukup jauh. Pengunjung akan melewati puluhan anak tangga yang cukup licin.

Karena itu pastikan untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin agar lebih memudahkan saat menuruni anak tangga tersebut. Selain itu, selalu hormati peraturan yang telah ditetapkan pihak pengelola.

Trending:  10 Tempat Wisata Di Bali Yang Sudah Dibuka 2022

Jangan melakukan hal yang merugikan diri sendiri atau orang lain. Jaga selalu  keasrian dan kebersihan lokasi Air Terjun Kanto Lampo. Jangan lengah, jika membawa anak. Selalu perhatikan dan jaga keselamatan anak saat bermain air.

Cuacanya juga akan cukup terik dan panas, karena itu pengunjung danjurkan untuk selalu membawa air minum agar tetap terhidrasi dengan baik. Adapun jam operasional objek wisata ini di buka setiap hari mulai 08.00-17.00 WITA.

Sebaiknya wisatawan mengunjungi Air Terjun Kanto Lampo di pagi hari atau di sore hari saja. Selain untuk menghindari cuaca yang terik, pengunjung bisa bebas berswafoto jika objek wisata tersebut belum ramai dikunjungi wisatawan lainnya.

Ada banyak spot foto menarik di kawasan ini. Mulai dari pintu masuk hingga di bawah guyuran air terjun.

Penutup

Image Name

Bali memang telah lama dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. selain hamparan bentang alamnya yang sangat indah. Wisatawan juga sekaligus bisa berwisata kuliner dan sejarah di Bali.

Ada banyak pantai cantik yang sangat populer di Bali. Namun siapa sangka, ternyata Bali juga memiliki beragam kawasan wisata cantik lainnya. Selain wisata pantai, pengunjung juga bisa menikmati wisata bukit, hutan, juga air terjun.

Baca Juga : Ulasan Wisata Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

Salah satunya adalah Air Terjun Kanto Lampo yang menyimpan segudang daya tarik. Keindahan alamnya yang masih asri dan kesegaran air terjunnya akan membuat pikiran menjadi lebih relax dan fresh. Selamat berlibur.

Originally posted 2022-06-18 06:09:09.

waterfall kanto lampo-

Check Also

pura Tanah lot

Lengkap! Info Terkait Wisata Pura Tanah Lot di Bali

Pulau Bali adalah salah satu destinasi wisata populer di dunia. Bali dikenal kaya akan keindahan …