Padang Rumput Savana Tianyar, Jelajah Bali Rasa Afrika

Pantai, jajaran pura, danau indah, dan seni budaya yang lestari. Beberapa hal tersebut memang menjadi ikon wisata di Bali. Namun ternyata, Pulau Dewata ini masih menyimpan pesona dari sisi yang berbeda. Salah satunya adalah Savana Tianyar ini.

Savana merupakan istilah untuk sebuah kawasan padang rumput dengan semak-semak dan tumbuhan perdu. Di wilayah savana juga ada beberapa pohon yang tumbuhnya menyebar.

Berlatar Belakang Pesona Gunung Agung

Image Name

Apabila menyebut kata savana, bisa jadi yang tergambar di benak adalah padang rumput di Afrika yang sudah terkenal. Contohnya Masai Mara National Park. Namun, kenyataannya, Bali juga memiliki savana ala Afrika, loh.

Lebih terkenal dengan nama Savana Tianyar, padang rumput eksotis ini terletak di kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Hamparan dataran luas dengan latar belakang Gunung Agung tersebut tampak berbeda dari citra Bali pada umumnya.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Bali Yang Sudah Dibuka 2021

Bukan lagi debur ombak di pantai yang indah, atau upacara adat di pura. Kali ini Bali menyuguhkan hamparan padang rumput menawan yang merupakan spot berburu sunrise dan sunset dengan rasa yang berbeda.

Kabupaten Karangasem sendiri terkenal dengan sebutan Bumi Lahar. Hal ini karena dahulunya, lokasi tersebut terdampak erupsi Gunung Agung paling parah. Bahkan, Tianyar sendiri merupakan jalur aliran lahar kala itu.

Namun, bencana tersebut berubah menjadi berkah. Sebagaimana setiap wilayah yang menjadi aliran lahar, lambat laun akan berubah subur. Begitu juga Savana Tianyar yang kini memikat banyak wisatawan.

Kenapa Harus Berwisata ke Savana Tianyar Bali ?

Hilangkan bayangan tentang padang rumput yang membosankan. Kenyataannya, savana di Karangasem ini memiliki view menakjubkan yang bakal membuat feed Instagram makin menarik. Inilah beberapa Keunggulan lokasi wisata ini.

1. Serasa di Luar Negeri

Tak perlu buru-buru merencanakan bersafari di Afrika. Sebaiknya masukkan saja Savana Tianyar ke dalam bucket list tujuan wisata. Atmosfer lingkungan yang hampir sama dengan padang rumput di Afrika ini membuat terasa berada di luar negeri.

Perbedaannya adalah, di Tianyar tak perlu mengkhawatirkan binatang buas yang tiba-tiba muncul dan mebahayakan. Ini karena savana di Tianyar ini lebih aman dan terbebas dari binatang buas.

Para penggemar fotografi pasti menyukai kawasan ini, terutama saat matahari terbit, atau terbenam. Bias cahayanya membuat hasil foto makin apik. Beberapa jepretan wisatawan menggambarkan siluet padang rumput indah yang pasti instagenik.

2. Dua Tampilan Berbeda

Image Name

Berkunjunglah ke sana ketika musim penghujan, apabila lebih menyukai hamparan padang rumput indah dengan beberapa ekor kuda sedang merumput. Air hujan yang mengguyur kawasan ini membuat rerumputan tumbuh subur.

Pemandangan segar dan asri akan terasa pada musim penghujan. Ditambah lagi jika memandanganya dari puncak bukit Mangun. Ada ratusan anak tangga untuk didaki dengan janji pemandangan memukau dari ketinggian.

Lebih suka suasana eksotis? Kunjungi Savana Tianyar pada musim kemarau. Rumput yang tadinya hijau segar berubah menjadi kuning kecokelatan. Warna alam sekitar pun berubah menjadi lebih eksotis.

Warna-warna dengan unsur tanah lebih mendominasi setiap foto pengunjung di musim kemarau. Itulah uniknya savana tersebut. Datang di musim yang berbeda membuat wisatawan mendapatkan pengalaman yang berlainan.

3. Pura Cantik di Puncak Bukit

Savana ini juga berada di kaki bukit Mangun. Di puncak bukit tersebut ada sebuah pura yang dapat diakses dengan menaiki ratusan tangga. Bagi beberapa orang yang tidak terlatih secara fisik, bisa jadi perjalanan akan terasa berat.

Meskipun demikian, perjuangan itu akan terbayar lunas dengan panorama istimewa. Kawasan pura sendiri tampak cantik dalam keberadaannya di puncak bukit. Tambahakan itu dengan view padang rumput di bagian bawah, tetu saja juara!

Savana Tianyar seolah menyediakan spot foto menarik dari berbagai angle. Itulah sebabnya berkunjung ke sini bakalan membuat instagram dan sosial media lainnya banjir foto-foto keren.

4. Mudah menjangkaunya

Lokasi Karangasem berjarak 77 kilo meter dari pusat kota Denpasar. Namun, bukan berarti akses menuju ke sana sulit. Cukup dengan berkendara kurang lebih 2 jam 30 menit, sudah sampai ke kabupaten di sisi timur Bali ini.

Para wisatawan bisa mengakses wilayah ini menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, maupun kendaraan sewa. Akses yang mudah ini jugalah alasan semakin banyak orang yang datang berkunjung ke Savana Tianyar.

Baca Juga : Ulasan Wisata Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati

Memang, sebaiknya datang segera ke tempat wisata ini, selama keindahannya masih alami. Lokasi yang juga merupakan tempat penambangan pasir tradisional ini, mungkin saja akan berubah akibat kegiatan ekonomi tersebut.

5. Menginap Atau Camping

Belum ingin meninggalkan tempat wisata indah ini? Menginaplah di hotel atau homestay yang ada di sana. Bahkan, jika ingin suasana yang lebih lebur dengan alam, tak ada salahnya memilih camping di padang rumput itu.

Namun, sebelumnya pastikan persiapan telah lengkap. Peralatan berkemah, obat-obatan, dan alat keamanan pun harus memadai. Akan lebih baik jika melapor terlebih dahulu ke penduduk setempat. Dengan demikian, camping lebih aman dan nyaman.

6. Dekat Lokasi Wisata Lain

Satu lagi keunggulan mengunjungi Savana Tianyar ini adalah lokasinya yang dekat tempat wisata lainnya di Karangasem. Sebut saja ada Bukit Asah, Nampo, Puri Agung Karangasem, Taman Ujung Soekasada, dan Pura Besakih.

Jadi, setelah puas berfoto di savana, bisa mampir ke destinasi wisata lainnya. Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Desa Wisata Tenganan yang masih terasa kesan tradisional dan menjunjung adat istiadat warisan dari nenek moyang.

Ada juga spot wisata eksotis di wilayah yang tidak berjauhan dari savana ini, yaitu taman edelweis. Hamparan bunga mungil berwarna putih ini terletak di kaki Gunung Agung yang sejuk. Di sana juga banyak spot foto instagenik yang unik dan cantik.

7. Gratis

Image Name

Terakhir, tetapi bukan yang paling tidak penting yaitu tempat wisata ini dapat dikunjungi dengan gratis. Tidak ada retribusi apa pun untuk mengunjunginya. Jadi, rasanya lokasi ini benar-benar sebuah paket komplet dari sebuah wisata eksotis dan ekonomis.

Spot berfoto yang cantik, akses mudah, penduduk setempat ramah. Apa lagi yang diharapkan dari sebuah destinasi wisata? Savana ini memberikan semua dalam kesederhanaannya yang menawan.

Wisatawan dapat mengunjungi Savana Tianyar secara mandiri atau bersama paket tour. Namun, dalam beberapa hal, paket tour memang memiliki keunggulan. Beberapa di antaranya adalah jadwal teratur dan anti ribet.

Baca Juga : Daya Tarik Wisata Monkey Forest Ubud Bali Indonesia

Tidak perlu repot mengurus persiapan perjalanan wisata. Cukup memesan paket yang diinginkan dan menikmati liburan dengan santai. Selain itu, perjalanan pun lebih efektif, karena pasti mengunjungi tempat lainnya juga.

Dengan mengikuti paket tour di Bali, pelancong akan dapat mengoptimalkan liburan, meskipun waktunya singkat. Harga paket juga terjangkau dan biasanya bersifat meng-cover semuanya.

Jelas hal ini akan membuat anggaran liburan lebih terkontrol. Cukup membayar harga paket wisata, semua kebutuhan termasuk ongkos kendaraan dan tiket masuk sudah include di dalamnya.

Tak perlu tunda lagi, segera kunjungi Savana Tianyar, padang rumput di Bali rasa Afrika. Puaskan berfoto dengan latar belakang sunset ataupun sunrise yang eksotis. Berkunjung ke Bali pun lebih seru dengan pilihan gaya liburan yang makin beragam.

Originally posted 2022-06-17 06:06:48.

Check Also

Pantai uluwatu

Keindahan Pantai Uluwatu (Blue Point) di Bali

Mendengar kata Pulau Bali yang terlintas dalam pikiran adalah liburan dan menikmati alamnya yang terkenal …