Keindahan Pantai Uluwatu (Blue Point) di Bali

Mendengar kata Pulau Bali yang terlintas dalam pikiran adalah liburan dan menikmati alamnya yang terkenal eksotis. Bahkan hingga ke mancanegara. Di Pulau Dewata ini terdapat banyak obyek wisata yang dapat dikunjungi selain Pantai Uluwatu, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi dan wisata air.

Pantai ini menjadi tempat yang paling sering dikunjungi bukan hanya karena memiliki pemandangan yang indah, tapi juga terdapat Pura Uluwatu yang memiliki aura mistik karena keindahannya serta kekhasan bangunan pura Bali yang tetap dipertahankan hingga sekarang.

Mengenal Lebih Dekat Pantai Uluwatu dengan Keeksotisannya

Image Name

Membicarakan Pantai Uluwatu seakan tidak ada selesainya. Banyak kata yang dapat mewakili betapa indahnya pantai ini. Dengan keindahannya wajar apabila banyak wisatawan datang berkunjung ke pantai ini. Jika berniat menghabiskan liburan di pantai ini, sebaiknya perhatikan informasi penting berikut ini;

1. Lokasi Pantai

Lokasi pantai ini berbeda dengan pantai di Bali pada umumnya yang terletak di pinggir jalan raya. Untuk mencapai lokasi harus sedikit berjuang. Jaraknya dari Pantai Kuta sekitar 25 km arah selatan. Lebih nyaman mencapai tempat ini dengan naik sepeda motor

Karena dapat menyaksikan pemandangan di sekitar lokasi yang indah untuk sekedar berfoto-foto. Sesampainya di lokasi, setelah memarkir sepeda motor untuk mencapai pantai harus menuruni anak tangga terlebih dahulu sekitar 200 meter dari tempat parkir.

Baca Juga : Review Wahana Waterboom Bali, Wisata Air Terbesar di Pulau Dewata

Lanjut menuruni anak tangga lain dengan panjang 50 meter. Berhubung sempit, saat menuruni tangga harus bergantian agar bisa sampai di Pantai Uluwatu. Saat liburan antrean untuk menuruni tangga akan semakin panjang. Uniknya, anak tangga yang menuju pantai ini mirip dengan terowongan alami.

Trending:  10 Tempat Wisata Di Bali Yang Sudah Dibuka 2022

Karena diapit dua bukit karang yang lumayan tinggi. Letaknya yang jauh dan tersembunyi inilah yang menyebabkan pantai ini disebut pula dengan Pantai Suluban yang artinya berjalan melewati sesuatu di atas kepala manusia. Begitu sampai di pantai, akan tersaji pemandangan laut indah.

Ditambah dengan airnya yang berwarna biru dan pasir putih lembut di kaki. Namun, jangan kaget saat berkunjung ke sana banyak bule-bule karena mayoritas yang berkunjung ke sana adalah wisatawan mancanegara. Jarang sekali dijumpai wisatawan lokal yang datang ke sini.

2. Ombaknya Khas Untuk Kegiatan Surfing

Image Name

Pantai Uluwatu memiliki pemandangan khas berupa batu karang di sisinya serta ombaknya yang tinggi. Dengan ombak yang diberi nama Blue Point, sangat ideal digunakan untuk melakukan kegiatan surfing. Oleh sebab itu, pantai ini kurang pas dijadikan tempat wisata keluarga sebab ombaknya yang besar

Ombak yang demikian akan membahayakan anak-anak, karena itu disarankan untuk tidak berenang di laut bagi anak-anak. Hanya diperbolehkan bermain di pantai atau melakukan kegiatan lainnya yang aman dan tidak memberikan ancaman. Luasnya pantai ini bisa dieksplore sebanyak mungkin oleh anak-anak.

3. Dekat dengan Pura Uluwatu

Bermain dan berlibur di pantai ini tak lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Pura Uluwatu yang kebetulan jarak keduanya berdekatan. Dengan berkendara menempuh jarak sekitar 3 km menuju bukit karang akan terlihat keindahan pantai dari atas yang menakjubkan.

Nah, dari sini pula dapat melihat Pura dari kejauhan. Pura Uluwatu berada di ujung jalan dan berdiri anggun di ujung bukit karang yang menjorok ke laut. Pura yang memiliki nama lain Pura Luhur Uluwatu ini didirikan oleh Empu Kuturan sekitar abad ke-11 dan sering pula disebut penyangga dari 9 arah mata angin.

Trending:  The Keranjang Bali, Destinasi Wisata Oleh-Oleh Baru Yang Seru!

Istimewanya Pura Uluwatu berhadap-hadapan dengan pura-pura suci lainnya di Bali, antara lain Pura Besakih, Pura Batur dan Pura Andakasa. Pura ini terbuka untuk turis hanya saja saat masuk harus mengganti baju dengan kain panjang dan sabuk khas Bali.

4. Jangan Heran Dengan Kehadiran Monyet

Saat berkunjung ke Pura Uluwatu jangan heran apabila banyak menjumpai monyet-monyet liar yang berkeliaran di sekitar pura.  Monyet di tempat ini memang agak nakal, usil dan lincah. Terkadang sering menganggu para wisatawan. Penduduk sekitar lokasi percaya bahwa monyet-monyet ini adalah penunggu Pura Uluwatu.

Jadi, meski sering menganggu pengunjung tak ada yang berani mengusir atau mengungsikan kera-kera ini. Mereka tetap membiarkan kera tersebut berkeliaran dengan bebas. Namun, ada banyak pengunjung yang memberikan makanan pada kera-kera liar ini.

5. Disuguhi Tarian Kecak

Tak kalah menariknya dari Pantai Uluwatu adalah saat berkunjung ke Pura berkesempatan untuk menikmati suguhan Tari Kecak yang fenomenal tersebut. Kegiatan lainnya yang dapat disaksikan adalah prosesi ibadah umat Hindu yang belum banyak diketahui orang.

6. Menikmati Indahnya Sunset di Uluwatu

Berada di Pantai Uluwatu tidak hanya bisa melakukan surfing saja, para pengunjung juga bisa menikmati indahnya sunset dari pinggir pantai. Waktu yang paling tepat untuk menikmatinya adalah saat sore hari karena keindahannya akan semakin nampak ketika matahari mulai bergerak turun terbenam.

Ditambah deburan ombak suasana akan semakin indah dan lengkap. Suasana sunsenya yang indah juga sangat cocok digunakan sebagai latar prewedding atau sesi foto lainnya. Keindahannya akan memberikan hasil yang berbeda dan berkesan sehingga banyak yang memanfaatkan tempat ini untuk berfoto saat sore hari.

7. Tiket Masuk

Image Name

Berbeda dengan wisata lain yang mewajibkan adanya tarif masuk, pantai ini justru sebaliknya. Keindahan pantai tersembunyi ini dapat dinikmati tanpa adanya biaya alias gratis. Pengelola menyediakan wisata alam secara gratis kepada semua pengunjung yang gemar menghabiskan waktu di pantai.

Trending:  Daya Tarik Wisata Monkey Forest Ubud Bali Indonesia

Biaya yang dikenakan bagi pengunjung hanya untuk parkir saja. Untuk kendaraan bermotor tarif parkirnya hanya sebesar 5 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk kendaraan mobil, tarif yang dikenakan adalah 15 ribu rupiah. Cukup terjangkau, bukan?saat ke tempat ini sebaiknya menggunakan sandal atau sepatu yang aman.

8. Pilihan Moda Transportasi

Walaupun letaknya berada jauh dari jalan raya, tapi pantai ini tetap bisa dijangkau oleh bermacam moda transportasi. Misalnya saja sepeda motor, taxi dan kendaraan pribadi. Jika tidak memiliki kendaraan sendiri bisa menggunakan layanan sewa mobil atau motor Bali yang banyak ditawarkan secara online.

9. Objek Wisata Lain yang Dekat Pantai Uluwatu

Berkunjung ke Pantai Uluwatu jangan sampai tidak mengunjungi tempat wisata lain yang berdekatan dengan tempat tersebut. Tercatat adala beberapa tempat wisata menarik selain Pura Uluwatu yang bisa dikunjungi. Terdapat Pantai Balangan, Pantai Padang-Padang hingga Pantai Dreamland.

Wisata lainnya adalah Garuda Wisnu Kencana, Pantai Pandawa dan Pantai Melasi. Ibaratnya seperti mendayung perahu dua pulau terlewati. Setelah puas bermain di pantai, luangkan waktu sejenak untuk sekedar mampir atau melihat tempat wisata yang disebutkan di atas.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata Di Bali Yang Sudah Dibuka 2021

Sensasi keindahan dan keelokan pemandangannya juga akan berbeda. Jarak antara tempat wisata tersebut cukup berdekatan, jadi tidak perlu khawatir menghabiskan waktu dan biaya. Pantai Uluwatu memang seperti ditakdirkan memiliki keindahan dan keeksotisan yang unik dan berbeda.

Kemahsyuran nama pantai ini bahkan telah menarik para wisatawan asing untuk datang ke tempat ini untuk bersantai, berjemur atau melakukan surfing yang menantang adrenalin. Liburan akhir pekan sepertinya menjadi waktu yang tepat untuk datang ke Pantai Uluwatu.

Originally posted 2022-06-13 05:50:51.

Check Also

Pantai di Jogja Dekat Malioboro

Pantai di Jogja Dekat Malioboro – Wisata Jogja

Berkunjung ke Yogyakarta tidak lengkap tanpa menjelajahi tempat wisata pantai yang populer. Sebagian besar pantai …